KPK Sebut Pelaku Korupsi Makin Pintar Hindari OTT, Kurangi Komunikasi Lewat HP

KPK Sebut Pelaku Korupsi Makin Pintar Hindari OTT, Kurangi Komunikasi Lewat HP

Terkini | inews | Selasa, 2 April 2024 - 17:47
share

JAKARTA, iNews.id - Wakil Ketua KPK Alexander Marwata mengatakan, operasi tangkap tangan (OTT) KPK semakin jarang terjadi karena para pelaku korupsi semakin pintar dalam menghindarinya. Para koruptor mengurangi penggunaan handphone (HP).

"Orang makin lama makin belajar bagaimana KPK melakukan OTT," kata Alex dalam diskusi publik di Jakarta, Selasa (2/4/2024).

Alex menjelaskan, meskipun KPK masih melakukan penyadapan terhadap ratusan nomor telepon, para pelaku korupsi kini mulai mengurangi komunikasi melalui HP.

"Makin sedikit komunikasi itu yang terjadi. Artinya apa? Orang belajar. Makanya ya mohon maaf saya sampaikan ketika fit and proper test, hanya orang-orang yang sial saja kena OTT itu. Jarang terjadi di Jakarta, mereka sudah tahu," kata Alex.

Di sisi lain, Alex juga mengakui bahwa KPK kurang progresif dalam melakukan penindakan melalui OTT.

"Mungkin juga salah satu kelemahan di kami, di KPK, kita kurang progresif. Kita sudah mendorong, ya, kalau kalian yakin bahwa orang itu bawa koper dan kamu yakini itu isinya uang sekalipun tidak ada percakapan, tangkap orang itu. Toh kita punya waktu 1x24 jam untuk mengklarifikasi. Tapi kan belum berani kalau tidak ada landasan transaksinya itu apa," tuturnya.

Topik Menarik