Wapres Nilai Kasus TPPO Modus Mahasiswa Magang di Jerman Memalukan dan Mencoreng RI

Wapres Nilai Kasus TPPO Modus Mahasiswa Magang di Jerman Memalukan dan Mencoreng RI

Terkini | inews | Selasa, 2 April 2024 - 17:22
share

JAKARTA, iNews.id - Wakil Presiden (Wapres) Maruf Amin menilai kasus Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) dengan modus mahasiswa magang di Jerman memalukan. Kasus tersebut mencoreng nama bangsa Indonesia.

Mencoreng nama baik kita bangsa Indonesia. Dan lagi ini saya kira sesuatu yang memalukan itu, magang tapi di sana katanya bekerja, bahkan bekerjanya tidak ada hubungannya dengan tingkat akademiknya, ujar Wapres di Menara Syariah, Pantai Indah Kapuk (PIK) 2, Tangerang, Banten, Selasa (2/4/2024).

Wapres pun menegaskan kasus ini harus diawasi dan ditindak. Sehingga, diharapkan tidak akan terjadi lagi kasus TPPO dengan program magang di luar negeri.

Oleh karena itu, ini harus diawasi dan harus ditindak siapa yang melakukan. Ya kalo itu salah siapa pun supaya nanti tidak ada lagi yang melakukan itu ke depan," ucapnya.

Mantan Ketua MUI ini juga sepakat dengan Menko Polhukam Hadi Tjahjanto yang akan membentuk Satuan Tugas (Satgas) untuk mengusut kasus TPPO ini.

Saya setuju supaya dituntaskan dan supaya perguruan-perguruan tinggi ini tidak memanfaatkan peluang yang bisa kemudian merugikan mahasiswa. Ini harus dicegah. Saya kira itu, pungkasnya.

Sebelumnya, Bareskrim Polri mengungkap ada 1.047 mahasiswa menjadi korban TPPO dengan modus magang ke Jerman yang berasal dari 33 universitas di Indonesia, bahkan diduga ada satu guru besar terlibat.

Polri sudah menetapkan dua tersangka berinisial ER alias EW dan A alias AE yang berafiliasi dengan PT SHB dan PT CVGEN. Keduanya merupakan agen yang mengenalkan program magang ke Jerman dengan klaim program merdeka belajar kampus merdeka (MBKM).

Topik Menarik