Serangan Israel di Gaza Bunuh 7 Relawan Organisasi Bantuan Chef Selebriti Jose Andres

Serangan Israel di Gaza Bunuh 7 Relawan Organisasi Bantuan Chef Selebriti Jose Andres

Terkini | inews | Selasa, 2 April 2024 - 17:26
share

GAZA, iNews.id - Serangan brutal Israel di Jalur Gaza, Palestina, Senin (1/4/2024), menewaskan tujuh relawan World Central Kitchen (WCK) milik chef selebriti Jose Andres. Para relawan itu berasal dari Australia, Inggris, dan Polandia, serta pria berkewarganegaraan ganda Kanada-Amerika Serikat serta Palestina.

Para relawan dalam misi mengantar bantuan kemanusiaan di Gaza Tengah menggunakan dua mobil lapis baja berlogo WCK serta kendaraan lain saat menjadi target serangan udara.

WCK sebenarnya sudah berkoordinasi dengan Pasukan Pertahanan Israel (IDF), namun konvoi mereka tetap diserang. Saat itu konvoi baru meninggalkan gudang di Deir Al Balah setelah menurunkan lebih dari 100 ton bantuan makanan kemanusiaan yang dibawa ke Gaza melalui laut.

Ini bukan hanya serangan terhadap WCK, ini adalah serangan terhadap organisasi kemanusiaan yang muncul dalam situasi paling mengerikan di mana makanan digunakan sebagai senjata perang. Ini tidak bisa dimaafkan, kata Erin Gore, CEO WCK, dikutip dari Reuters, Selasa (2/4/2024).

Sementara itu Jose Andres mengungkapkan kegalauannya dan berduka kepada anggota keluarga dan rekan-rekan yang ditinggalkan.

Pemerintah Israel harus menghentikan pembunuhan tanpa pandang bulu ini, kata Andres.

Mereka harus berhenti membatasi bantuan kemanusiaan, berhenti membunuh warga sipil dan pekerja bantuan, dan berhenti menggunakan makanan sebagai senjata. Tidak boleh ada lagi nyawa orang tak berdosa yang melayang. Perdamaian dimulai dari rasa kemanusiaan kita bersama. Hal ini harus dimulai sekarang," ujarnya menegaskan.

Sementara itu militer Israel mengklaim sedang memeriksa kejadian tersebut seraya berjanji akan melakukan penyelidikan oleh badan independen dan profesional.

PBB dan kelompok internasional lain menuduh Israel menghambat distribusi bantuan, baik sejak jalur perizinan maupun menyerang konvoi makanan. Dalam kejadian paling brutal, tentara Zionis menembak mati lebih dari 100 warga Gaza yang sedang antre mendapatkan bantuan.

Hamas menyatakan masalah utama pendistribusian bantuan adalah Israel sengaja menyerang para pekerja kemanusiaan atau relawan.

Padahal Mahkamah Internasional (ICJ) pekan lalu memerintahkan Israel untuk mengambil semua tindakan yang diperlukan untuk menjamin masuknya makanan pokok bagi penduduk Palestina di Jalur Gaza. Israel juga harus menghentikan menyebarnya kelaparan.

Topik Menarik