8 Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6, Mengharukan dan Menyentuh Hati

8 Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6, Mengharukan dan Menyentuh Hati

Terkini | inews | Selasa, 2 April 2024 - 17:02
share

JAKARTA, iNews.id - Contoh pidato perpisahan kelas 6 jadi salah satu bagian penting yang tak boleh dilewatkan. Sebab, terdapat pesan dan nasehat yang terdapat pada pidato di suatu acara.

Menurut Yosodipuro, dalam bukunya yang berjudul Pintar Pidato: Kiat Menjadi Orator Hebat (2020), pidato merupakan suatu cara seseorang untuk menyampaikan sebuah pesan kepada publik di suatu acara.

Adapun, pidato juga dapat kita temukan di acara perpisahan kelas 6 SD. Di pidato tersebut, mengajak seluruh siswa kelas 6 yang telah lulus untuk bersemangat dalam melanjutkan pendidikan selanjutnya.

Nah, bagi kamu yang belum menemukan inspirasi contoh pidato perpisahan kelas 6, berikut iNews.id akan berikan informasinya dikutip dari berbagai sumber, Senin (1/4/2024).

Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6

1. Naskah Pidato Perpisahan Kelas 6 SD Versi Pertama

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Yang terhormat, Bapak/Ibu Kepala Sekolah beserta wakil. Yang kami hormati guru Wali Kelas 6 tercinta, Bapak/Ibu dewan guru, dan Bapak/Ibu wali murid yang telah hadir..
Tak lupa juga, yang saya sayangi, teman-teman kelas 6 sekalian..

Segala puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT, atas segala limpahan rahmat dan karunia-Nya. Nikmat yang tak terhingga kepada kita semua, sehingga kita bisa berada di tempat ini dalam keadaan sehat.

Izinkanlah saya, berada di hadapan Bapak/Ibu sekalian untuk mengungkapkan sepatah dua patah kata. Bukan berarti saya adalah yang terbaik tapi saya hanya mewakili rekan-rekan kelas 6 di sini.

Dalam kesempatan ini, izinkanlah kami menyampaikan beribu ucapan terima kasih kepada Bapak dan Ibu guru semua. Berkat bimbingan Bapak dan Ibu sekalian, kami bisa menjadi seperti ini. Bisa membaca, bisa menulis, bisa menghitung dan bisa belajar untuk menjadi pelajar yang sesungguhnya. Jasa kalian tidak akan pernah kami lupakan sepanjang hidup kami.

Dengan telaten dan tanpa rasa bosan, Bapak dan Ibu guru membimbing kami. Selalu sabar menghadapi tingkah laku kami yang kadang membuat jengkel. Kami memohon agar Bapak dan Ibu guru membukakan pintu maaf sebesar-besarnya jika pernah kami pernah melukai hati Bapak dan Ibu guru sekalian.

Untuk teman-temanku semua, ini adalah hari perpisahan kita di Sekolah Dasar ini. Berat rasanya memang. Setiap hari kita selalu bersama. Bermain, bersenda gurau, tertawa. Sungguh, semua kenangan itu tidak akan pernah terlupakan.

Walaupun hari ini kita berpisah, marilah tetap kita jaga persaudaraan ini hingga kapanpun. Karena kalian semua adalah teman-teman terbaik.

Kepada Bapak dan Ibu Wali murid sekalian. Inilah kami anakmu dengan segala kelebihan dan kekurangannya di sana-sini. Bimbinglah kami dengan sabar dan tiada henti. Kami masih haus bimbinganmu. Kami masih haus kasih sayangmu. Didiklah kami sehingga menjadi anak yang berbakti kepada orang tua, agama, bangsa dan negara.

Sekiranya cukup sampai di sini saja kata-kata yang dapat saya sampaikan, saya akhiri dengan ucapan terima kasih sekali lagi.

Wassalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

2. Naskah Pidato Perpisahan Kelas 6 SD Versi Kedua

Kepada Bapak/Ibu Kepala Sekolah dan para guru semua yang saya hormati. Juga kepada teman-teman yang saya sayangi.

Pertama, marilah kita ucapkan syukur Kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena pada pagi ini kita dalam keadaan sehat sehingga kita bisa berkumpul di ruangan ini pada acara pelepasan siswa-siswi kelas 6.

Pada kesempatan ini saya mewakili teman-teman kelas 6 menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada Bapak dan Ibu guru yang telah membimbing kami selama kurang lebih enam tahun ini.

Atas jasa Bapak dan Ibu guru, kami dapat menyelesaikan pendidikan di sekolah dasar ini dengan hasil yang memuaskan.

Tak lupa, kami mohon maaf apabila kami melakukan banyak kesalahan selama menempuh pendidikan di sekolah ini. kami mohon Bapak dan Ibu guru membukakan berkenan membukakan pintu maaf bagi kami semua.

Selain itu, kami juga mohon doa restu dari Bapak dan Ibu guru agar kami bisa melanjutkan pendidikan di sekolah yang kami cita-citakan. Dengan begitu, kamu dapat menjadi orang-orang yang sukses.

Demikian sepatah dua kata yang dapat saya sampaikan, mohon maaf jika ada ada kata-kata yang kurang berkenan. Saya ucapkan terima kasih banyak.

3. Naskah Pidato Perpisahan Kelas 6 SD Versi Ketiga

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Yang terhormat, Bapak/Ibu Kepala Sekolah dan para guru. Serta kepada teman-teman kelas 6, dan adik-kelas yang kami sayangi.

Pertama-tama, marilah kita panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas berkat-Nya kita dapat berkumpul bersama di aula ini.

Berdirinya saya di sini untuk mewakili teman-teman kelas 6 dalam menyampaikan sambutan dalam acara perpisahan ini.

Pagi ini, kami semua siswa kelas 6 sangat senang dan bahagia berhasil menyelesaikan pendidikan pada waktunya selama enam tahun. Kami bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa yang telah meridhoi usaha kami. Kami juga mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Bapak dan Ibu guru yang telah membimbing kami dengan tekun, sabar, dan ikhlas. Jasa Bapak dan Ibu guru tidak akan kami lupakan.

Kami tersadar pula bahwa selama belajar di sekolah ini, kami sering melakukan kesalahan. Karena itu, dalam kesempatan kali ini kami mohon maaf atas kesalahan yang pernah kami perbuat.

Sekian pidato yang dapat saya sampaikan. Mudah-mudahan kami semua dapat melanjutkan pendidikan ke sekolah pilihan kami masing-masing. Kepada adik-adik, kami mengucapkan selamat belajar dan berjuang. Semoga sekolah ini semakin sukses dan berprestasi.

Wassalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

4. Naskah Pidato Perpisahan Kelas 6 SD Versi Keempat

Kepada Bapak/Ibu Kepala Sekolah, para guru dan para orang tua murid yang saya hormati.
Serta teman-temanku dan adik-adik kelas yang tercinta.

Marilah pertama-tama kita panjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena atas perlindungan-Nya pada pagi hari ini kita dapat berkumpul di tempat ini untuk mengadakan acara perpisahan.

Saya berdiri disini sebagai perwakilan teman-teman kelas 6, menyampaikan terima kasih atas kesediaan Bapak/Ibu Kepala Sekolah, para guru, dan orang tua murid untuk hadir dalam acara perpisahan ini.

Secara khusus, saya mengucapkan terima kasih pada Bapak/Ibu Kepala Sekolah dan para guru yang telah mendidik kami, kurang lebih selama enam tahun.

Tentu saja para guru yang selama enam tahun telah mendidik kami, serta mengembangkan potensi kami, sering mengalami kekecewaan oleh karena sikap kami. Tetapi, para guru tetap sabar dan tidak mengenal lelah terus mendidik kami, maka sekali lagi saya mengucapkan terima kasih.

Pada kesempatan ini pula, saya mohon maaf sekiranya dalam kurun waktu enam tahun ini banyak perbuatan saya dan teman-teman, atau tutur kata kami kurang berkenan di hati para guru, maka mohon kiranya hari ini berkenan membukakan pintu maaf yang selebar-lebarnya bagi kami.

Kami juga berpesan pada adik-adik kelas kami, semoga sepeninggal kami, adik-adik tetap tekun dan rajin belajar. Contohlah yang baik dari kami, dan buanglah jauh contoh yang kurang baik dari kami.

Pada kesempatan ini pula, kami mohon pamit dan mohon doa restu dari para guru, agar kami dapat melanjutkan ke SMP yang kami pilih. Kami berjanji di SMP nanti akan tekun belajar untuk membawa nama baik asal sekolah kami ini.

Akhir kata, cukup sekian yang dapat saya sampaikan, dan mohon maaf jika ada kata-kata yang kurang berkenan di hati Bapak/Ibu Kepala Sekolah, para guru, dan hadirin semuanya. Terima kasih.

5. Naskah Pidato Perpisahan Kelas 6 SD Versi Kelima

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah, Bapak dan Ibu Guru, serta teman-teman yang saya
cintai.

Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas segala rahmat-Nya, kita dapat berkumpul bersama guna mengadakan acara perpisahan sekolah pada hari ini.

Para hadirin yang saya hormati, ijinkan saya mewakili teman-teman untuk menyampaikan sepatah dua patah kata dalam rangka acara perpisahan ini.

Selama bersekolah, kami sebagai siswa sangat bangga dan berterima kasih kepada semua guru yang telah mengajar di sekolah ini. Bapak dan Ibu Guru sudah mengajar kami dengan sangat baik, tidak pernah pilih kasih dalam mendidik, sangat sabar, dan tidak kenal lelah dalam membimbing kami. Berkat jerih payah Bapak dan Ibu Guru semua, kami pun dapat lulus dari SD ini. Mudah-mudahan, semua guru yang bertugas mengajar di sekolah ini diberikan kesehatan dan kebahagiaan selalu.

Untuk teman-teman semua, sungguh berat rasanya berpisah dengan kalian karena kita sudah bersama-sama selama enam tahun ini. Saya juga mendoakan teman-teman semua dapat melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi, baik ke SMP, MTS, ataupun lembaga pendidikan lainnya untuk dapat mencapai cita-cita yang selama ini diangan-angankan.

Akhir kata, saya ucapkan terima kasih kepada Bapak dan Ibu Guru serta sukses selalu untuk teman-teman. Doa saya menyertai teman-teman semua.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

6. Naskah Pidato Perpisahan Kelas 6 SD Versi Keenam

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Yang terhormat Bapak/Ibu Kepala Sekolah,

Bapak/Ibu Guru beserta tamu undangan,

Serta kawan-kawanku yang berbahagia.

Terlebih dahulu, marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa Yang telah melimpahkan rahmat serta karunia-Nya kepada kita.

Pada kesempatan ini, kita dapat berkumpul pada perayaan perpisahan kelas enam. Guru-guru dan teman-teman, sungguh tidak terasa waktu berlalu begitu cepat. Sudah enam tahun kami belajar dan menimba ilmu di sekolah ini. Kami mendapatkan ilmu yang tak terhingga. Semuanya berkat guru-guru yang telah mengajari kami.

Kini, akhirnya hari kelulusan itu tiba. Setelah enam tahun kami belajar bersama Bapak/Ibu guru, saya selaku perwakilan dari kelas enam mengucapkan terima kasih dan ingin meminta maaf atas perbuatan salah kami semuanya.

Tidak lupa kami sampaikan juga terima kasih kepada orang tua kita semua, yang telah memberi motivasi kepada kami semua. Untuk teman-teman, meski sudah lulus, kita harus lebih giat lagi belajarnya karena perjalanan kita masih panjang dan untuk mencapai cita-cita.

Akhir kata, saya dan teman-teman ingin mengucapkan selamat tinggal, kami tidak akan melupakan sekolah ini.

Sekian dari saya. Terima kasih.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

7. Naskah Pidato Perpisahan Kelas 6 SD Versi Ketujuh

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Puji dan syukur kami ucapkan atas kehadiran Tuhan Yang Maha Kuasa untuk semua limpahan rahmat serta karunia-Nya bagi kita semua yang hadir di sini. Pada kesempatan ini, di pagi yang cerah kita bertemu, kita berkumpul di sekolah tercinta ini dalam acara perpisahan siswa-siswi kelas enam.

Sebenarnya, saya mewakili semua teman-teman kelas enam, berat sekali untuk menyampaikan untaian kata dari pidato ini. Kami sangat sedih karena kini telah tiba saat di mana kami harus berpisah dari guru, teman teman, dan adikadik kelas semua. Namun, waktu telah membatasi kebersamaan kita, kami harus terus melangkah.

Khusus untuk semua yang hadir di sini, Bapak dan Ibu guru yang saya hormati, kami mengucapkan banyak terima kasih karena Anda telah mendidik kami dengan sangat baik selama enam tahun ini.

Memberikan semua pengetahuan yang telah kami terima dengan sepenuh hati sebagai bekal kami untuk mencapai tingkat selanjutnya. Semua pelajaran dan nasihat dari Bapak dan Ibu guru, pasti akan kami ingat selalu sepanjang sisa hidup kami.

Kami juga mengucapkan ribuan meminta maaf kepada Bapak dan Ibu guru yang telah dengan sabar menghadapi kecerobohan kami, kenakalan kami serta tetap sabar membimbing kami selama ini.

Kami tentunya menyadari bahwa banyak dari perilaku kami selama mengenyam pendidikan di sekolah ini, di tempat ini, telah mengganggu kenyamanan dan mungkin pernah menyinggung hati Bapak dan Ibu guru.

Untuk itu sekali lagi saya mewakili semua teman kelas enam untuk meminta maaf kepada Bapak Ibu guru sekalian.

Dan untuk kedua orang tua kami yang telah mengurus kami, yang telah mengizinkan dan membiayai kami dalam menuntut ilmu ini, kami ucapkan banyak terima kasih, dan maaf akan perilaku kami, sekarang kami akan menjadi remaja, Ibu dan Ayah, kami tetap membutuhkan Ibu dan Ayah sampai kami bisa berdiri sendiri untuk membahagiakan kalian, maka itu kami selalu membutuhkan doa dan dukungan Ibu dan Ayah.

Kepada adik kelas sekalian, belajarlah dengan baik dan rajin semangat untuk menggapai cita-cita, tentunya di tahun berikutnya kalian akan menyusul kami meninggalkan sekolah kita yang tercinta ini. Jangan keras kepala dan jaga sikap kalian, hormatilah semua guru di sini yang ada di sini, itu pesan kami.

Saya rasa cukup, inilah akhir dari pidato ini, wassalamualaikum wr. wb.

8. Naskah Pidato Perpisahan Kelas 6 SD Versi Kedelapan

Bismillahirrahmanirrahim.

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Selamat pagi, salam sejahtera bagi kita semuanya, om swastiastu, namo buddhaya, salam kebajikan.

Yang saya hormati Bapak/Ibu Kepala Sekolah (namanya),

Yang saya hormati Bapak/Ibu guru,

Yang saya hormati orang tua serta wali murid,

Juga kepada teman-teman dan adik kelas semuanya yang saya kasihi.

Puji dan syukur mari kita haturkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas rahmat dan karunia-Nya, kita bisa berkumpul di tempat ini.

Mewakili seluruh teman-teman kelas enam (nama sekolah), izinkan saya menyampaikan sepatah dua patah kata pada acara ini.

Saya dan teman-teman kelas enam ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada Bapak dan Ibu guru. Mohon maaf apabila selama ini kami banyak berbuat salah kepada Bapak dan Ibu guru semua.

Terima kasih juga telah membimbing dan mengajari kami ilmu serta pelajaran yang sangat berharga. Kami berharap agar semua ilmu yang diberikan bisa bermanfaat bagi kami semua.

Untuk adik kelas, tetap semangat belajar dan jangan pernah putus asa. Terakhir, tidak lupa kami ucapkan terima kasih pada orang tua yang senantiasa menyayangi, mencintai, dan mendukung kami.

Akhir kata, semoga kita dapat melanjutkan ke jenjang lebih tinggi dan bisa meraih cita-cita. Sukses untuk kita semua.

Demikian pidato perpisahan ini, mohon maaf apabila ada salah kata. Sampai jumpa di lain waktu.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Demikian ulasan mengenai contoh pidato perpisahan kelas 6. Semoga bermanfaat!

Topik Menarik