Ranjau Paku Berserakan di Tol Cikampek, Setengah Jam Disisir Polres Karawang Dapat 1,5 Kg

Ranjau Paku Berserakan di Tol Cikampek, Setengah Jam Disisir Polres Karawang Dapat 1,5 Kg

Terkini | inews | Selasa, 2 April 2024 - 15:48
share

KARAWANG, iNews.id - Polres Karawang menerjunkan tim pembersih ranjau paku yang berserakan di sepanjang jalan tol Cikampek wilayah Karawang, Jawa Barat. Pembersihan ranjau paku dimulai dari gerbang tol Karawang Timur sampai gerbang tol Cikatama.

Dalam waktu 30 menit, sebanyak setengah kilo gram (kg) paku dan logam lainnya berhasil dibersihkan dari pinggir jalan tol. Pembersihan ranjau paku ini dilakukan hingga usai lebaran.

"Kita baru mulai dari Gerbang tol Karawang Timur sampai KM 57 sudah dapat setengah kilo. Ini belum dari Karawang Barat hingga gerbang tol Cikatama," ujar Kasatlantas Polres Karawang AKP Luky Martono, Selasa (2/4/24).

Dia menyampaikan, hasil pemantauan tim pembersih ranjau paku mulai melakukan penyisiran dari Gerbang Tol Karawang Timur. Mobil pembersih ranjau paku, kata dia di desain khusus untuk menarik paku atau bahan metal lainnya denga dipasang magnet di belakang mobil.

Menurutnya, pembersihan ranjau paku dimulai dengan menyisir jalan yang dilalui pemudik di jalan tol hingga jalan arteri. Saat ini, lanjut dia mobil pembersih paku terus menyisir jalan arus mudik.

Kemudian usai lebaran akan dilakukan pembersihan jalan di arus balik. "Sekarang sudah kita mulai menyisir dijalur mudik baik di tol maupun jalan arteri. Petugas sudah bergerak hingga tol Cikatama," katanya.

Dia menuturkan, untuk jalan arteri tim pembersih ranjau paku bergerak mulai jalur Tanjungpura yang berbatasan dengan Bekasi menyisir hingga perbatasan Subang. Pembersihan ranjau paku dilakukan setiap hari hingga momen lebaran selesai.

"Tujuannya agar para pemudik bisa aman dan nyaman saat mudik nanti karena terhindar dari pecah ban atau bocor," katanya.

Topik Menarik