H-5 Lebaran Ditargetkan Jabar Bebas dari Lubang, Jalan Provinsi Siap Dilintasi Pemudik

H-5 Lebaran Ditargetkan Jabar Bebas dari Lubang, Jalan Provinsi Siap Dilintasi Pemudik

Terkini | inews | Selasa, 2 April 2024 - 14:43
share

BANDUNG, iNews.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat melalui Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (DBMPR) memastikan, ruas jalan provinsi sudah siap menjadi lintasan mudik Lebaran 2024. Kemantapan jalan terbagi dalam tiga kategori, yaitu jalan nasional, jalan provinsi dan jalan kabupaten/kota.

Kepala Bidang Pemeliharaan dan Pembangunan Jalan DBMPR Jabar, Iwan Suwanagiri mengatakan, jalan nasional yang ada di Jawa Barat sepanjang 1.775,01 km dengan kemantapan 97 persen.

"Untuk jalan kota/kabupaten panjang jalannya 21.759,4 km dengan kemantapan jalan 81,58 persen," ujar Iwan di Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (2/4/2024).

Sedangkan untuk provinsi, kata dia panjang 2.362,18 kilometer dengan kemantapan 83,9 persen atau sepanjang 1.981,8 kilometer dalam kondisi mantap.

"Tersisa 380,3 km dalam kondisi tidak mantap. Di mana antara lain Jalan Parungpanjang, Jalan Cikadu, Jalan Jampang Tengah Kiara 2 yang ada di Sukabumi," katanya.

Menurutnya, jalan-jalan tersebut bukan jalur yang dilalui oleh para pemudik pada musim Lebaran 2024. "Jalan jalan tersebut bukan sebagai jalur mudik atau jalur balik untuk Lebaran tahun ini," ucapnya.

Dia menyampaikan, ada tiga titik yang menjadi perhatian khusus DBMPR Jabar pada mudik Lebaran kali ini, yaitu jalan arus mudik utama, jalan alternatif utama dan juga jalan menuju pariwisata.

"Untuk jalan arus mudik utama di antaranya untuk jalur lintas utara itu dari jalan di Indramayu Jalan Jatibarang-Karangampel dan kondisi saat ini baik. Untuk jalan alternatif lintas utara itu dari Sadang, Subang, Cikamurang, Cijelag dan menuju arah Indramayu itu juga dalam kondisi sedang atau kondisi mantap," katanya.

Sedangkan untuk jalur pariwisata, dia memastikan kondisi jalan sudah siap untuk dilalui oleh para pemudik.

"Jalur wisata di antaranya ruas jalan Bandung-Lembang dan Bandung-Banjaran-Pangalengan dan juga di jalur selatan ruas Pangalengan-Sukarame-Rancabuaya dan Garut-Cikajang-Pameungpeuk. Jalur jalur tersebut saat ini kondisi sudah siap dilalui pemudik," ucapnya.

Dia menargetkan, Jabar akan terbebas dari lubang jalan pada H-5 Lebaran 2024. "Untuk lubang insya Allah kita siap di H-5 kita sudah 0," katanya.

Topik Menarik