5 Destinasi Wisata Indah di Sijunjung Ini Siap Temani Liburanmu, Pernah ke Sana?

5 Destinasi Wisata Indah di Sijunjung Ini Siap Temani Liburanmu, Pernah ke Sana?

Terkini | okezone | Selasa, 2 April 2024 - 14:30
share

SIJUNJUNG merupakan kabupaten yang terletak di Provinsi Sumatera Barat. Sijunjung juga dikenal sebagai jalur penghubung Provinsi Jambi dan Provinsi Riau.

Selain itu, Sijunjung menjadi salah satu kabupaten di Sumatera Barat yang memiliki potensi wisata alam, wisata buatan, dan budaya yang sangat potensial.

Sijunjung terkenal dengan tempat-tempat wisata yang masih alami dan lingkungan yang kental dengan budaya lokal. Penasaran dengan destinasi wisata yang ada di Sijunjung? Yuk, simak beberapa pilihan destinasi wisata Sijunjung versi Okezone berikut ini.

1. Geopark Silokek

Desa Wisata Silokek berada di Kabupaten Muaro Sijunjung, Sumatera Barat. Desa ini terkenal dengan keindahan alam yang berasal dari batu-batuan yang telah membentuk ngarai-ngarai, tebing-tebing yang tinggi, dan sungai dengan pasir putih yang indah.

(Foto: jadesta kemenparekraf)

Keindahan desa wisata ini mengantarkan Desa Silokek menjadi Geopark (taman bumi) nasional oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada 30 November 2018. Selain keindahan alamnya, Geopark Silokek juga kaya akan keanekaragaman hayati dan keragaman geologinya.

Berapa di antaranya adalah padma raflesia, jamur batang bersinar, bunga bangkai raksasa, tapir, harimau sumatera, landak, burung enggang, siamang, dan lain-lain.

Geopark Silokek pun dikenal terkenal dengan bebatuan purba yang hadir dari masa lampau seperti batuan tertua yaitu batu gamping, serpih, filit, dan bawah yang ada di era Paleozoikum. Keunikan dan keindahan geopark Silokek inilah yang menjadikan Silokek menjadi salah satu destinasi favorit di kabupaten Sijunjung.

2. Perkampungan Adat Sijunjung

Di Nagari Sijunjung terdapat sebuah perkampungan adat yang dinamakan “Lorong Waktu Minangkabau”. Perkampungan ini memiliki kurang lebih 76 rumah adat yang berjejer rapi. Rumah adat tersebut terdiri dari 6 suku.

(Foto: Perkampungan Adat Nagari Sijunjung)

Kemudian, 40 dari 76 rumah adat sekaligus difungsikan sebagai homestay bagi para wisatawan. Budaya di perkampungan ini masih sangat terjaga.

Kuliner khas dan kerajinan tangan seperti Galamai, Lamang Panggang, dan Songket menjadi sajian dan souvenir khas Sijunjung yang disediakan di Perkampungan Adat Sijunjung. Selain itu, tradisi makan bajamba juga masih dilakukan di perkampungan ini.

3. Ngalau Lagung Aie Angek

Ngalau Lagung terletak di Nagari Aie Angek, Sijunjung. Destinasi satu menarik untuk dipilih sebagai tujuan wisata karena Ngalau Lagung Aie Angek merupakan Ngalau terbesar di Sijunjung. Ngalau Lagung merupakan goa yang dihiasi oleh keindahan dari bebatuan di dalamnya.

(Foto: jadesta kemenparekraf)

Kawasan Ngalau Lagung ini juga dilengkapi dengan dua kolam pemandian yang airnya berasal langsung dari pegunungan di sekitar Ngalau Lagung tersebut.

Tidak jauh dari kawasan tersebut, terdapat pula wisata pemandian air panas yang juga berasal dari pegunungan langsung. Selain wisata pemandian, Ngalau Lagung juga cock bagi kamu yang menginginkan tempat perkemahan yang asri dan alami.

Topik Menarik