Transaksi Kini Lebih Mudah dengan QRIS BRI, Pelanggan Senang UMKM Terus Berkembang

Transaksi Kini Lebih Mudah dengan QRIS BRI, Pelanggan Senang UMKM Terus Berkembang

Terkini | inews | Sabtu, 30 Maret 2024 - 03:47
share

SURABAYA, iNews.id - Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) mulai beradaptasi dengan teknologi. Para pahlawan ekonomi itu mulai menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) BRI untuk bertransaksi.

Fatimah (23) tak bingung lagi menghitung uang kembalian. Begitu pembeli datang ke majanya untuk membayar, Perempuan lajang itu tinggal menyodorkan papan barcode yang sudah tersedia di sampingnya.

Sudah lebih dari tiga bulan metode transaksi digital itu diberlakukan di kedai minuman segar, Boss Es, tempatnya bekerja. Semua transaksi dialihkan melalui Merchant QRIS BRI, sehingga pembeli tinggal memindai kode QR yang ada.

"Tugas saya jadi lebih ringan," kata gadis berkerudung itu kepada iNews.id, Kamis (28/3/2024).

Bagaimana tidak, dia kini tinggal memastikan pembeli memasukkan nominal pembayaran dengan benar. Caranya dengan memfoto bukti transaksi di ponsel pembeli.

Selain untuk mengecek bahwa nominal yang dimasukkan benar, bukti itu juga di perlukan untuk mengetahui jumlah transaksi di hari itu. "Ini untuk laporan kepada bos," katanya.

Sebelum memakai Merchant QRIS BRI, tugasnya sebagai kasir lebih rumit. Sebab, dia harus menghitung uang hasil jualan secara manual. Mencatatnya satu per satu dalam buku, lalu dikroscek dengan jumlah uang yang ada di laci.

"Kalau menghitungnya salah bisa ribet," tuturnya.

Hal sama juga dirasakan pelaku UMKM lainnya, Ika Susilowati. Penjual aneka makanan dan minuman itu bahkan mengaku aman sejak menggunakan Merchant QRIS BRI. Sebab, saat pulang dari berjualan dia tidak lagi membawa uang cash karena semua uang hasil transaksi langsung masuk ke rekening.

"Sekarang aman, tidak berisiko," ucapnya.

QRIS BRI memudahkan transaksi pembelian. (Foto: MPI)
QRIS BRI memudahkan transaksi pembelian. (Foto: MPI)

Ika mengakui, layanan Merchant QRIS BRI kini membuat usahanya lebih praktis dan efisien. Sebab, dia tak lagi repot mencari uang kembalian atau bingung mengatur banyaknya antrean.

"Kadang kalau pas pembeli ramai jadi bingung. Sampai-sampai menghitung uang kembalian bisa salah," tuturnya.

Bukan hanya bagi penjual, metode pembayaran dengan QR code juga dirasakan manfaatnya oleh pembeli. Sebab, mereka tak perlu repot-repot mengeluarkan dompet, atau menunggu uang kembalian yang kadang lama.

Abdiono salah satunya, dia menyebut transaksi menggunaan QRIS lebih jujur karena uang pembelian bisa dibayar dengan pas sesuai harga, sehingga dia tidak perlu menunggu uang kembalian yang kadang tidak ada.

"Karena tidak ada uang pas, saya kadang membayar dengan jumlah lebih. Ternyata, penjual tidak punya kembalian. Akhirnya diganti dengan permen. Padahal kadang butuh juga (uang pecahan kecil) untuk bayar parkir atau lainnya," katanya.

Karena itu dia senang sekarang banyak toko atau warung yang sudah menggunakan metode pembayaran digital tersebut. Apalagi, transaksi menggunakan Merchant QRIS BRI tidak dipungut biaya, sehingga tak khawatir lagi mengeluarkan biaya tambahan.

Diketahui, Merchant QRIS BRI disediakan dalam rangka menjadikan pelaku UMKM terus berkembang dengan baik. Harapannya, pelaku UMKM menjadi lebih berdaya dan sejahtera.

Regional CEO BRI RO Surabaya, Setiyarta mengatakan, di era digital, seluruh aktivitas dituntut lebih cepat dan mudah, termasuk aktivitas ekonomi. Karena itu, pelaku UMKM harus menyesuaikan diri agar tidak tertinggal.

Pihaknya igin pelaku UMKM aktif melakukan transaksi digital atau cashless. Sebab, metode pembayaran digital tersebut bisa meminimalisasi terjadinya sesuatu yang negatif, seperti peredaran uang palsu dan hal buruk lainnya.

"Kami telah menyediakan infrastruktur digitalnya agar lebih efisien. Karena dengan digital UMKM akan tau catatan penjualannya, dan akan mudah mengevaluasi usahanya guna menentukan langkah berikutnya supaya usahanya lebih maju dan berkembang," ujarnya.

Jenis QRIS
Merchant Presented Mode

QRIS tersedia pada merchant yang kemudian dipindai oleh customer menggunakan ponsel untuk menyelesaikan transaksi di merchant tersebut.

Customer Presented Mode

Customer menunjukkan QRIS untuk dapat dipindai oleh kasir dengan menggunakan scanner yang disediakan oleh merchant untuk menyelesaikan transaksi pada merchant tersebut.

Syarat pendaftaran Merchant QRIS BRI

1. Memiliki usaha, baik individu maupun non individu
2. Memiliki rekening BRI
3. Mengisi formulir yang tersedia
4. Melengkapi identitas diri, seperti KTP dan NPWP.

Topik Menarik