Proyek Rehabilitasi Irigasi Pasca Gempa Palu Rampung Dikerjakan

Proyek Rehabilitasi Irigasi Pasca Gempa Palu Rampung Dikerjakan

Terkini | okezone | Jum'at, 29 Maret 2024 - 14:49
share

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan proyek Rehabilitasi dan Rekonstruksi Sistem Irigasi Gumbala Paket 3. Proyek pasca gempa Palu tersebut berlokasi di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah.

Proyek Rehabilitasi dan Rekonstruksi Sistem Irigasi Gumbasa Paket 3 memiliki nilai kontrak senilai Rp256 miliar dengan sumber dana yang berasal dari Asian Development Bank (ADB), dengan masa pelaksanaan konstruksi dari 30 Desember 2021 sampai dengan 30 November 2023 (457 hari).

Kita harus terus bekerja keras dan berupaya untuk mencapai kedaulatan pangan, salah satunya dengan membangun infrastruktur seperti bendungan dan jaringan irigasi yang tersebar di seluruh tanah air untuk memastikan ketersediaan air bagi petani dalam meningkatkan produktivitas pertanian Indonesia serta meningkatkan kesejahteraan petani," ucap Presiden, Jumat (29/3/2024).

Rehabilitasi sistem irigasi Gumbasa dan saluran-saluran sekundernya direncanakan di bawah subproyek irigasi Gumbasa saluran induk Gumbasa antara stasiun BGKn 24 sampai BGKn 42 yang diperuntukan untuk melayani kebutuhan irigasi pertanian dengan rata-rata unit 1,65 l/dtk/ha. Rencana debit sistem Irigasi Gumbasa adalah 13,98 m3/detik.

Khususnya pada paket 3, sistem irigasi ini direncanakan untuk mengairi daerah potensial seluas 2.458 ha dengan jangkauan meliputi 12 Desa di Kecamatan Dolo dan Kecamatan Sigi Kota.

Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahiim, rehabilitasi dan rekonstruksi daerah irigasi Gumbasa di Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah, saya resmikan pada siang hari ini, kata Presiden.

Topik Menarik