Gairahkan Petani, Pemkab Sleman Gelar Lomba Tanam Timun Baby

Gairahkan Petani, Pemkab Sleman Gelar Lomba Tanam Timun Baby

Terkini | sleman.inews.id | Jum'at, 29 Maret 2024 - 14:00
share

SLEMAN, iNewssleman.id - Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Sleman menggelar lomba menanam timun baby II. Lomba ini diikuti 153 kelompok wanita tani (KWT) dengan masa penilaian dari 18 November 2023 sampai dengan 19 Maret 2024.

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo mengatakan, lomba tanam timun baby merupakan salah satu upaya Pemkab Sleman dalam meningkatkan produksi sayuran dikala off season.

"Dari hasil perlombaan terlihat hasil tanam timun baby yang dilakukan KWT telah sesuai kebutuhan pasar, baik dari segi kuantitas maupun kualitas," kata Kustini saat menyerakan hadiah kepada pemenang, Kamis (28/3/2024).

Kustini berharap prestasi yang telah dilakukan para pemenang lomba ini dapat menjadi motovasi bagi KWT lain di Sleman untuk lebih optimal dalam membudidayakan timun baby.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Sleman, Suparmono mengatakan, penyelenggaraan lomba tanam timun baby tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Selain timun baby, kali ini juga ada gambas dan jipang juga menjadi komoditas yang ditanam dan dinilai.

"Penilaian oleh tim juri yang terdiri atas unsur petugas lingkup Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Sleman serta praktisi ahli budidaya hortikultura. Adapun kriteria penilaian lomba yaitu performa tanaman, produktivitas, komitmen dan estetika serta administrasi," jelasnya.

Luas lahan yang dilombakan yaitu 47.729 meter persegi. Sampai akhir masa panen, produksi sayuran di lahan lomba telah mencapai 113.007,2 kg dengan rincian komoditas timun baby sebanyak 109.232,8 kg, gambas 3774,4 kg dan jipang 12 kg.

"Rata-rata KWT peserta lomba bisa panen timun baby sebanyak 27 kali dan angka panen terbanyak yaitu 45 kali," ujarnya.

Selama proses penanaman dan perawatan, peserta lomba menghadapi berbagai tantangan seperti iklim esktrim, curah hujan dan intensitas serangan OPT yang sangat tinggi. Harga pasar yang anjlog juga menjadi satu masalah yang harus dihadapi para peserta.

"Lomba ini mampu memberi kontribusi pada peningkatan pendapatan petani, terbukti hasil rekapitulasi penjualan sayuran KWT peserta lomba mencapai Rp396,44 juta. katanya.

Pemenang lomba tanam timun baby, KWT Sekar Sari, Rajek Wetan, Tirtoadi, Mlati meraih juara 6 berhak mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp1,5 juta, KWT Berkarya, Jetis, Sumberarum, Moyudan juara 5 dengan hadiah Rp3 juta, serta KWT Ngudi Mulyo, Bandan, Sendangsari, Minggir sebagai juara 4 Rp4 juta.

Sedangkan juara 3 diraih KWT Makmur Sejahtera, Depok, Ambarketawang, Gamping dengan hadiah Rp5 juta, Juara 2 KWT Sekar Dadi, Jagalan, Margodadi, Seyegan Rp 6jua, dan juara 1 diraih KWT Teratai Mekar, Dabag, Condongcatur, Depok dan berhak atas uang pembinaan sebesar Rp7 juta. Sedangkan KWT Sekar Arum, Malangan, Sumberagung, Moyudan untuk Kategori Pengendalian OPT.

Topik Menarik