Mengapa Penamaan Malam Mulia Itu Lailatul Qadar?

Mengapa Penamaan Malam Mulia Itu Lailatul Qadar?

Terkini | sindonews | Jum'at, 29 Maret 2024 - 02:00
share

Lailatul Qadar merupakan malam yang paling utama. Malam ini dimuliakan oleh Allah daripada malam-malam lainnya. Maka, ia merupakan malam yang penuh keberkahan sebagaimana yang difirmankan Allah Jalla wa Alaa:

[arabOpen] [arabClose] Sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi . [ QS ad-Dukhaan/44 : 3]

Imam al-Qurthubi dalam tafsirnya mengatakan, Allah mensifati malam ini dengan keberkahan, karena Dia menurunkan kepada hamba-hamba-Nya berbagai berkah, kebaikan dan pahala pada malam yang mulia ini. Lalu, mengapa penamaan malam mulia itu dengan nama Lailatul Qadr?

Dr Nashir bin Abdirrahman bin Muhammad al-Judai dalam bukunya berjudul " At Tabaruk Anwaauhu wa Ahkaamuhu" yang dalam edisi Indonesia menjadi " Amalan Dan Waktu Yang Diberkahi " menyebut beberapa pendapat.

Pertama , mengapa penamaan malam mulia itu dengan nama Lailatul Qadr karena sesungguhnya pada malam lailatul Qadar ini, Allah menetapkan (at-taqdiir) semua rezeki , ajal kematian dan semua peristiwa untuk setahun ke depan, dan para malaikat mencatat semua hal itu.

Kedua , kemulian (al-Qadr), kehormatan dan suasana malam ini disebabkan oleh diturunkannya (permulaan) al-Qur-an, atau pada malam ini para Malaikat turun atau turunnya keberkahan, rahmat dan maghfirah pada malam kemuliaan ini.

Ketiga , orang yang menghidupkan malam ini akan mendapatkan al-Qadr (kemuliaan) yang besar, yang belum pernah dia miliki sebelumnya. Malam ini akan menambah kemuliaannya di sisi Allah Subhanahu wa Taala.

Topik Menarik