Pemkot Ambon Hadirkan Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri di Amplaz

Pemkot Ambon Hadirkan Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri di Amplaz

Terkini | ambon.inews.id | Kamis, 28 Maret 2024 - 15:00
share

AMBON, iNewsAmbon.id - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Ambon, telah meluncurkan mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) di pusat perbelanjaan, bertujuan untuk mempermudah akses masyarakat terhadap layanan administrasi kependudukan.

Pelaksana Tugas Kepala Disdukcapil Kota Ambon, Hanny Tamtelahitu, menjelaskan bahwa rencananya mesin ADM akan dipindahkan dari Unit Layanan Administrasi Balai Kota Ambon ke Ambon Plaza (Amplaz).

Hal ini karena rencananya di lokasi tersebut akan dibangun mal pelayanan publik (MPP), kata Tamtelahitu, Kamis (28/3/2024).

Saat ini, proses pembangunan MPP masih berlangsung, sehingga untuk sementara waktu, mesin ADM akan ditempatkan di Ambon Plaza untuk memastikan pelayanan administrasi kependudukan tetap berjalan lancar.

Mesin ADM dirancang mirip dengan mesin anjungan tunai mandiri (ATM) dengan pengoperasian yang mudah.

Warga hanya perlu melakukan pemindaian kode batang atau sidik jari, dan mesin secara otomatis akan mencetak dokumen atau kartu identitas sesuai permintaan.

Fungsi mesin ADM mencakup pencetakan dokumen adminduk seperti kartu keluarga (KK), akta kelahiran, akta kematian, KTP-el, kartu identitas anak (KIA), dan surat keterangan pindah.

Proses penggunaan mesin ADM melibatkan pengisian formulir permohonan oleh warga dan pengiriman kode batang dan PIN melalui surel setelah permohonan selesai diproses.

Kemudian, warga dapat mencetak dokumen melalui mesin ADM dengan melakukan pemindaian kode batang atau memasukkan PIN yang diterima.

Hanny menegaskan bahwa mesin ADM memberikan layanan yang cepat dan mudah bagi warga terkait administrasi dukcapil.

Saat ini, baru satu unit mesin yang tersedia, tetapi pihaknya berkomitmen untuk mengurangi antrean di kantor Dukcapil dengan penyediaan lebih banyak mesin ADM.

Topik Menarik