Putin: Bukan Rusia yang Mendekati Perbatasan NATO, tapi Merekalah yang Mendekati Kami!

Putin: Bukan Rusia yang Mendekati Perbatasan NATO, tapi Merekalah yang Mendekati Kami!

Terkini | inews | Kamis, 28 Maret 2024 - 06:02
share

MOSKOW, iNews.id Presiden Rusia Vladimir Putin kembali menyampaikan pandangannya soal ketegangan yang terjadi antara Moskow dan NATO saat ini. Menurut dia, konflik tersebut bukan dipicu oleh Rusia, melainkan aliansi militer pimpinan AS itu sendiri.

Putin mengatakan, Rusia tidak pernah melakukan ekspansi untuk mendekati perbatasan negara-negara NATO. Namun sebaliknya, NATO malah terus bergerak semakin dekat ke perbatasan Rusia. Karena itulah, Rusia tidak ada pilihan selain harus mengambil tindakan demi melindungi rakyatnya.

Mereka (NATO) datang langsung ke perbatasan kita. Apakah kita bergerak menuju perbatasan mereka, negara-negara yang menjadi bagian dari blok NATO itu? Kita tidak menyentuh siapa pun, dan merekalah yang bergerak ke arah kita, kata Putin dalam kunjungan kerjanya ke Kota Torzhok di Wilayah Tver, Rusia, Rabu (27/3/2024).

Apakah kita menyeberangi lautan menuju perbatasan Amerika Serikat? Tidak, merekalah mendekati kita, dan mereka sudah sangat dekat. Lalu apa yang kita lakukan? Kita hanya melindungi rakyat kita di wilayah kita yang bersejarah, ujarnya.

Putin memerintahkan pasukannya menyerang Ukraina dengan skala penuh pada Februari 2022. Pemimpin Rusia itu mengklaim tindakan tersebut sebagai operasi militer khusus untuk melumpuhkan kemampauan militer Kiev yang disokong oleh NATO.

Bagi Putin, Ukraina adalah bagian yang tidak dapat dipisahkan dari sejarah Rusia. Di masa lalu, kata dia, Ukraina adalah tanah bangsa Rusia kuno.

Ukraina selama ini juga memainkan posisi penting sebagai daerah penyangga (buffer zone) antara Moskow dan kekuatan-kekuatan Barat. Karena itu, dia tidak akan rela jika Ukraina jatuh ke dalam pangkuan NATO.

Topik Menarik