Pengguna Android 15 Bakal Bisa Temukan Smartphone meski Kondisi Mati, Berguna Banget!

Pengguna Android 15 Bakal Bisa Temukan Smartphone meski Kondisi Mati, Berguna Banget!

Terkini | inews | Senin, 18 Maret 2024 - 11:45
share

JAKARTA, iNews.id - Menemukan ponsel Android yang hilang bisa menjadi pengalaman tidak menyenangkan. Apalagi jika perangkat dalam kondisi mati.

Sistem Google Find My Device sangat berguna untuk menemukan ponsel yang hilang. Namun, aplikasi mempunyai batasan, terutama saat perangkat tidak terhubung.

Beruntung, dengan Android 15, Google bertujuan untuk memecahkan masalah dengan memperkenalkan API Powered Off Finding baru. Laporan baru Android Police menyoroti bagaimana API bisa membantu mencari lokasi perangkat bahkan saat mereka dalam kondisi mati.

Pada dasarnya, sistem bekerja dengan menyimpan pre-computed Bluetooth di dalam memori Bluetooth Controller. Namun, ada kendala yang bisa ditemukan.

Hardware khusus diperlukan agar perangkat dapat memberi daya controller Bluetooth, sehingga dapat berfungsi bahkan saat ponsel dalam keadaan mati sepenuhnya.

Oleh karena itu, mungkin diperlukan sedikit cadangan baterai agar fitur dapat beroperasi. Selain persyaratan hardware, upaya rekayasa software yang signifikan diperlukan demi mendukung Bluetooth Finder Hardware abstraction layer (HAL).

Sebagaimana dikutip dari Gizmo China, pengguna juga perlu memastikan mereka teka memperbarui ke Android 15 dan memiliki sistem Find My Device milik Google versi terbaru.

Topik Menarik