Pengobatan Tuberkulosis Dihentikan Akibat Alami Efek Samping, Aman Dilakukan?

Pengobatan Tuberkulosis Dihentikan Akibat Alami Efek Samping, Aman Dilakukan?

Terkini | okezone | Selasa, 5 Maret 2024 - 09:44
share

SEORANG pasien mengeluhkan bahwa orangtuanya mengalami sakit tuberkulosis, tetapi baru-baru ini dia menyebut bahwa obat yang selama ini dikonsumsi diminta untuk diberhentikan karena sang ayah mengalami efek samping berupa sakit liver akibat obat tersebut.

Tentu saja sang anak merasa khawatir dengan kondisi ayahnya mengingat obat tuberkulosis harus rutin dikonsumsi. Sedangkan saat ini obat tersebut justru harus diberhentikan. Hal itu membuat tubuh ayahnya menguning, kaki bengkak dan sulit untuk berjalan. Lantas apakah itu aman untuk dilakukan?

Dokter Spesialis Penyakit Dalam, dr Erlina Burhan menjelaskan efek samping obat tuberkulosis memang bervariasi pada setiap pasien seperti ada yang timbul mual muntah dan ada yang sampai terkena liver.

Dalam kondisi tersebut maka obat harus diberhentikan dan efek samping badan menguning yakni (akibat) inflamasi yang terjadi di hepar atau hati itu harus disembuhkan, kata dr Erlina, dikutip dari akun X pribadinya @erlinaburhan, Selasa (4/3/2024).

Akan tetapi kondisi itu tidak berlangsung lama, jika keadaan sudah kembali normal maka obat-obatan tersebut akan diberikan kembali satu per satu untuk sambil dianalisis manakah diantara obat itu yang bersifat toxic terhadap efek samping.

Sedangkan untuk keluhan kaki bengkaknya biasanya ini karena efek Pirazinamid, kalau efeknya sampai menimbulkan gejala dan mengganggu, betul harus diberhentikan. Untuk itu, dr Erlina berpesan agar tidak khawatir jika mendapati kondisi seperti ini karena hal itu juga dilakukan semata-mata untuk kepentingan pasien.

Topik Menarik