Jet Tempur MiG-29 Myanmar Jatuh

Jet Tempur MiG-29 Myanmar Jatuh

Terkini | inews | Jum'at, 1 Maret 2024 - 15:14
share

YANGON, iNews.id - Jet tempur MiG-29 militer Myanmar jatuh, Kamis (29/2/2024). Ini merupakan insiden pesawat militer Myanmar ketiga dalam 4 bulan terakhir.

Pemerintah junta dalam pernyataannya menyebutkan, pesawat era Uni Soviet itu jatuh di dekat Kota Magway akibat kerusakan mesin. Pilot keluar menggunakan kursi lontar dan berhasil dievakuasi.

Pernyataan resmi pemerintah itu tidak mengungkap model jet tempur yang mengalami kecelakaan, namun seorang pejabat militer yang meminta identitasnya tak dipublikasikan menyebut, pesawat itu adalah MiG-29.

Tak diketahui juga apakah pesawat itu sedang menjalankan misi operasi tempur atau sekadar latihan.

Myanmar dilanda kekauan politik sejak kudeta Aung San Suu Kyi oleh militer pada 2021. Krisis itu merambat ke konflik lebih luas hingga melibatkan kelompok-kelompok etnis minoritas yang memperjuangkan kemerdekaan.

Perang dengan kelompok separatis minoritas, umumnya di perbatasan negara tetangga, membuat repot pemerintahan junta. Selain itu junta berhadapan dengan kelompok militer yang dibentuk pemerintah bayangan, Pasukan Pertahanan Rakyat.

Dalam beberapa pekan terakhir, pasukan junta kehilangan sebagian besar wilayah di dekat perbatasan China serta harus merelakan kendali atas beberapa jalur perdagangan strategis.

Pada Januari lalu, pesawat angkut militer Myanmar tergelincir di landasan pacu saat mendarat di pangkalan udara India.

Sebelum itu yakni pada November, satu jet tempur yang membawa dua pilot jatuh. Pejuang Pasukan Pertahanan Rakyat mengklaim menembak jatuh pesawat tersebut.

Topik Menarik