Top! Jenderal Kavaleri Peraih Adhi Makayasa 92 Promosi Bintang 3

Top! Jenderal Kavaleri Peraih Adhi Makayasa 92 Promosi Bintang 3

Terkini | inews | Kamis, 29 Februari 2024 - 06:01
share

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menunjuk Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Erwin Djatniko sebagai Irjenad. Dengan mutasi ini, Erwin bakal naik pangkat menjadi letnan jenderal.

JAKARTA, iNews.id - Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menunjuk Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Erwin Djatniko sebagai Inspektur Jenderal TNI Angkatan Darat (Irjenad). Dengan mutasi ini, bintang emas di pundak Erwin bakal bertambah satu alias pangkatnya menjadi letnan jenderal (letjen).

Penunjukan Erwin tercantum dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/216/II/2024 tanggal 21 Februari 2024 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia. Secara keseluruhan terdapat 38 perwira tinggi dalam daftar mutasi dan rotasi jabatan kali ini.

Terdiri dari: 28 Pati TNI AD, 3 Pati TNI AL, dan 7 Pati TNI AU, ujar Kapuspen TNI Mayjen TNI Nugraha Gumilar dalam keterangan tertulis, dikutip Kamis (29/2/2024).

Melalui tour of duty ini, Erwin menggantikan Letjen TNI Hilman Hadi yang dimutasikan menjadi Pati Mabes TNI AD dalam rangka pensiun. Adapun tongkat komando tertinggi Kodam Siliwangi selanjutnya dipegang Mayjen TNI Mohammad Fadjar yang saat ini menjabat direktur jenderal potensi pertahanan kementerian pertahanan.

Lulusan Terbaik Akmil 1992

Erwin Djatniko lulus dari Lembah Tidar Magelang dengan status lulusan terbaik. Dengan kata lain, tentara kelahiran 6 Juni 1969 ini meraih lencana Adhi Makayasa 1992.

Rekam jejaknya mula-mula sebagai perwira pertama pusat persenjataan kavaleri (pama pusenkav). Setelah itu beragam penugasan dijalani antara lain Pabanda Ren Srendam V/Brawijaya (2002) hingga Danyonkav 3/Tank pada kurun 2009-2011.

Erwin juga pernah mencecap pengalaman teritorial dengan menjabat Dandim 0821/Lumajang. Setelah dimutasi sebgaai Pabandya Srenaa dan Asrendam XII/Tanjungpura, lulusan Kartika Exchange Program di Australia itu kembali dipercaya memegang tongkat komando teritorial. Kali ini Erwin diplot sebagai Danrem 043/Garuda Hitam (2018-2019).

Tak lama dia lantas dimutasikan sebagai Pamen Denma Mabesad. Kariernya kembali mencorong dan pecah bintang (brigjen) sebagai Waasrena KSAD Bidang Perencanaan pada 2020-2021. Erwin lantas didapuk sebagai Irdam IX/Udayana, kemudian melejit sebagai Wagub Akmil (2022-2023).

Bintang emas di pundaknya bertambah satu alias menembus pangkat mayor jenderal ketika dipromosikan sebagai Gubernur Akmil pada 2023. Sinar kariernya makin menyala karena tahun lalu dia dipromosikan sebagai Pangdam III/Siliwangi.

Dengan jabatan terbaru sebagai Irjenad, Erwin akan mengikuti jejak rekan angkatannya yang telah menembus pangkat bintang 3. Sosok tersebut yakni Letjen TNI Richard Taruli Horja Tampubolon yang saat ini menjabat Pangkogabwilhan 3.

Di angkatan 92, bintang paling terang dimiliki Jenderal TNI Maruli Simanjuntak. Menantu menteri koordinator bidang kemaritiman dan investasi Luhut Binsar Pandjaitan itu sebelumnya menembus bintang 3 saat didapuk sebagai Pangkostrad. Maruli mendapatkan bintang penuh (4) ketika dilantik Presiden Joko Widodo sebagai KSAD di Istana Negara pada Rabu, 29 November 2023.

Topik Menarik