<i>Groundbreaking</i> Proyek IKN Tahap 5 Akhir Februari, Tidak Ada Investor Swasta?

Groundbreaking Proyek IKN Tahap 5 Akhir Februari, Tidak Ada Investor Swasta?

Terkini | okezone | Selasa, 27 Februari 2024 - 18:42
share

JAKARTA - Seremonial groundbreaking tahap 5 pembangunan IKN dilaksanakan pada 29 Februari-1 Maret 2024. Berdasarkan papan Badan Otorita, pada Groundbreaking tahap 5 ini tidak proyek milik investor swasta.

Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi, Badan Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN), Agung Wicaksono melaporkan beberapa proyek siap mulai dibangun pada groundbreaking tahap 5, terdiri pusat layanan perbankan, proyek smart city dan telekomunikasi, dan kantor layanan masyarakat.

"Yang akan diselenggarakan sesuai dengan komitmen pak Presiden, tanggal 29 Februari hingga 1 Maret 2024 ini merupakan Groundbreaking kelima dan groundbreaking pertama setelah terlaksananya Pemilu," ujar Agung dalam konferensi pers virtual, Selasa (27/2/2024).

Lebih lanjut, Agung merinci proyek yang akan melakukan groundbreaking pada tahap 5 itu terdiri dari perusahaan BUMN yang terdiri dari PT Bank Mandiri, PT Bank BRI, PT Bank BNI, mini studio milik TVRI, dan Telkom Indonesia. Selain itu salah satu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), Bank Kaltimtara juga bakal meramaikan groundbreaking tahap 5.

Kemudian BPJS Kesehatan juga bakal melakukan groundbreaking di IKN pada akhir pekan ini. Bersamaan juga akan dilakukan launching command center Nusantara, hingga Penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) OJK dengan para perbankan di IKN.

Pada konferensi pers tersebut, Agung juga menyinggung bahwa penyelenggaraan pemilu damai ini menjadi kunci terciptanya iklim investasi yang baik di IKN. "(Groundbreaking) menunjukkan pertama sebuah kontinuitas dari IKN dan kedua adalah adanya pemilu damai memang menjadi prasyarat bagi investasi yang jalan di IKN," tutup Agung.

Topik Menarik