Program Makan Siang Gratis, Mahfud MD Sebut Tak Tepat Masuk APBN 2025

Program Makan Siang Gratis, Mahfud MD Sebut Tak Tepat Masuk APBN 2025

Terkini | balikpapan.inews.id | Senin, 26 Februari 2024 - 18:43
share

JAKARTA, iNewsBalikpapan.id - Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 3, Mahfud MD menilai, program makan siang gratis tidak tepat dimasukan dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2025.

Program makan siang gratis digagas paslon nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. Mahfud mengatakan APBN 2025 ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) bukan pemerintahan baru.

"Ya mestinya kurang tepat, karena APBN itu nanti kan ditetapkan oleh pemerintah sekarang, tetapi kalau yang mau masuk program makan siang gratis kan pemerintah baru," kata Mahfud saat ditemui di Bentara Budaya, Jakarta Pusat, Minggu (26/2/2024).

Menurutnya, program makan siang gratis bisa dimasukan pada APBN Perubahan 2025 yang biasanya dirancang pada pertengahan tahun. Dengan demikian, kata Mahfud, 2025 telah masuk masa kepemimpinan presiden dan wakil presiden baru.

"Mestinya itu menjadi program pemerintah baru yang baru bisa masuk nanti di APBN perubahan 2025, Juni ya, Juni tahin 2025," tutur Mahfud.

Meski demikian, Mahfud tetap menaruh kepercayaan positif terkait rencana program makan siang gratis yang akan masuk dalam RAPBN 2025.

"Tetapi enggak apa-apa lah itu mungkin hanya sumbangan saja. Tetapi kalau dari segi tahapan, itu mestinya ditetapkan oleh pemerintahan baru," kata Mahfud.

Sebelumnya, Menteri Investasi atau Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia membocorkan, program makan siang gratis akan masuk ke APBN 2025. Program makan siang gratis telah dibahas di Rapat Kabinet Paripurna (RKP) yang dipimpin Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (26/2/2024) hari ini.

Topik Menarik