Bupati Way Kanan Buka Acara Launching Aplikasi Srikandi dan Pekan Literisasi

Bupati Way Kanan Buka Acara Launching Aplikasi Srikandi dan Pekan Literisasi

Terkini | waykanan.inews.id | Senin, 26 Februari 2024 - 15:53
share

WAY KANANiNewsWayKanan.id - Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Way Kanan menggelar acara Launching Aplikasi Srikandi dan Pekan Literisasi. Diselenggarakan di gedung Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Way Kanan Senin 26-29 Februari 2024.

Selain acara Launching Aplikasi Srikandi dan Pekan Literisasi, digelar juga kegiatan Bazar tebus beras murah oleh Dinas ketahanan Pangan dan Bulog Way Kanan.

Acara ini dihadiri oleh Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya didampingi bunda Paud Dessy Afiyanti Adipati.

Kegiatan tersebut mengambil tema - Gemar membaca, Tertib arsip menuju Way Kanan unggul dan sejahtera.


 

Dalam hal ini Kepala Dinas Kadis Perpustakaan dan Arsip Daerah (Kadis Perpusda) Septa Muktamar dalam sambutannya menerangkan bahwa kegiatan Transformasi Berbasis Inklusi Sosial kepada masyarakat berupa pelatihan dan pendampingan penggalian potensi dan kreatifitas masyarakat agar tercipta peluang ekonomi.

"Selain itu kami laporkan juga bahwa selama pekan literasi juga diadakan Bazar Buku, Bazar Tebus Beras Murah dan penyediaan stand-stand makanan dan minuman oleh masyarakat sekitar bertempat di hall Dinas Perpustakaan dan Kearsipan," ungkap Kadis Septa.

Pada kesempatan tersebut juga Kadis menuturkan bahwa dia ingin memulai edukasi literasi dengan membuat Gerakan Donasi Buku yang dimulai dengan hadirnya Kepala OPD dan undangan lainnya untuk berdonasi buku layak baca masing-masing 2 (dua) eksemplar.

Peserta kegiatan lomba dan pelatihan dalam Pekan Literasi ini adalah :

100 orang peserta lonia Bercerita Tingkat SD. 100 orang peserta lomha Pidato Berbahasa Lampung Tingkat SMP.

1000 siswa SMP partisipan 30 Menit Membaca Bersama.

100 peserta lomba Kolase Tingat PAUD.

200 orang peserta Kegiatan Transformasi Berbasis Inklusi Sosial

57 orang peserta Kegiatan Perpustakaan Sekolah. 


 
 

Kegiatan Pekan Literasi ini akan dilaksanakan di Gedung Pelayanan Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Way Kanan.

"Kami berharap Gedung Pelayanan Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Way Kanan dapat bertransformasi dan bermanfaat sebagai pusat literasi, aktivitas dan rekreasi di Kabupaten Way Kanan sehingga Gerakan Tertib Arsip dan Gerakan Literasi dapat ikut meningkatkan sumberdaya manusia Way Kanan yang unggul dan sejahtera," ujarnya.

"Memudahkan koordinasi antar perangkat daerah, antar pemerintah dan stakeholders lainnya," katanya.

"Dapat kami laporkan bahwa Dinas Perpustakaan dan Kearsipan juga akan melaksanakan Pekan Literasi Tingkat Kabupaten Way Kanan Tahun 2024. Pekan Literasi merupakan gerakan dalam upaya menumbuhkan budi pekerti siswa yang bertujuan agar siswa memiliki budaya membaca dan menulis sehingga tercipta pembelajaran sepanjang hayat," imbuhnya.

Tujuan diselenggarakannnya kegiatan ini adalah:

1) Mensosialisasikan kepada masyarakat pentingnya membaca, menulis dan kegiatan literasi.

2) Upaya untuk menciptakan sumber daya manusia yang unggul, cerdas, kreatif, dan inovatif.

3) Menjadi sarana kegiatan perpustakaan berbasin inklusi sosial yaitu literasi untuk kesejahteraan.

4) Membangun mindset masyarakat untuk menggali potenai, kreatifitas, untuk menciptakan barang dan jasa melalui rajin membaca yang akan melahirkan ide baru

5) Memberikan edukasi secara terus menerus kemasyarakat, siswa dan generasi milenial.

Adapun kegiatan Pekan Literasi ini akan dilaksanakan pada hari Senin-Kamis, tanggal 26- 29 Februari 2024 ini dengan kegiatan diantaranya:

a. Lomba Bercerita (story telling) Tingkat SD se Kabupaten Way Kanan.

b. Lomba Pidato Berbahasa Lampung Tingkat SMP se-Kabupaten Way Kanan.

c. Gerakan Membaca 30 menit bersama 1000 siswa SMP se-Kecamatan Baradatu beserta Deklarasi Sekolah Literasi di SMPN 1 Baradatu.

d. Lomba Kolase dan Mewarnai bagi siswa jenjang PAUD se-Kabupaten Way Kanan.

Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (SRIKANDI) yang diluncurkan oleh Pemerintah adalah aplikasi umum bidang kearsipan dinamis yang dapat mendukung pengelolaan arsip dan tata kelola pemerintahan berbasis elektronik dalam penerapan Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) di Kabupaten Way Kanan.


 
 

Implementasi Aplikasi SRIKANDI adalah sebagai daya dukung SPBE Pemerintah Kabupaten Way Kanan berdasarkan ketentuan Peraturan Presiden RI Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik, Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Nomor 679 Tahun 2020 tentang Aplikasi Umum Bidang Kearsipan Dinamis serta Peraturan Arsip Nasional Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2021 tentang Pedoman Penerapan Sistem Informasi Kearsipan Dinamis yang bertujuan:

1) Menciptakan kelancaran dalam persyaratan dan kearsipan secara elektronik yang efektif dalam penyelenggaraan pemerintahan:

2) Memenuhi kebutuhan pembuatan surat menyurat dan arsip elektronik secara online dan terintegrasi serta terekam pada Pusat Data Nasional

3) Menciptakan kesadaran masyarakat dan pemerintah pentingnya mengelola arsip dan membangun penyelenggaraan tertib arsip.

Sedangkan sasaran penggunaan Aplikasi SRIKANDI adalah seluruh perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Way Kanan yang berfungsi sebagai fasilitator dalam rangka meningkatkan kualitas dan akuntabilitas kearsipan secara digital agar tujuan pengelolaan arsip sebagai memori kolektif bangsa melalui pengelolaan informasi dapat terekam dengan baik, selain itu SRIKANDI diharapkan dapat memudahkan Kordinasi antar perangkat daerah, antar Pemerintah dan stakeholders lainnya.


Di tempat yang berbeda, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Riva Adi Candra menambahkan bahwa pada Hari Senin tanggal 26 Februari 2024 sampai hari Kamis (29/02/2024) mereka kembali menggelar Bazar Beras di Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, sekitar Pasar km 2 Blambangan Umpu, Kabupaten Way Kanan.

"Selama 4 hari berturut-turut kami menggelar Bazar Beras di Km 2 Blambangan Umpu, dengan stok beras SPHP per hari 2 ton 2,5 ton, untuk mengantisipasi kelangkaan dan inflasi," ungkap Kadis, hari ini Kamis (26/02/2024).

Kadis Candra menuturkan, untuk sementara harga beras di Pasar Pasar di Kabupaten Way Kanan sedang naik dan mahal.

"Harga beras memang sedang naik per kilo sampai dengan 16 ribu hasil monev harga pasar kami kemarin," ujarnya.

Kegiatan ditutup dengan penyerahan dan ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Way Kanan didampingi Sekda Way Kanan Saipul, Kadis pendidikan dan Kebudayaan Machiavelli Herman Tarmizi, Kadis perpustakaan dan kearsipan Way Kanan Septa Muktamar, Kepala BPSDM.

Topik Menarik