Meriah! Haflah Ikhtitamiddurus dan ULTAH ke-35 Ponpes Al Falah Kalisabuk, Berikut Sejarah Singkatnya

Meriah! Haflah Ikhtitamiddurus dan ULTAH ke-35 Ponpes Al Falah Kalisabuk, Berikut Sejarah Singkatnya

Terkini | cilacap.inews.id | Sabtu, 24 Februari 2024 - 14:33
share

iNews.Cilacap - Suasana penuh kegembiraan dan kebersamaan memenuhi Haflah Ikhtitamiddurus dan perayaan ulang tahun ke-35 Pondok Pesantren Al Falah Kalisabuk. Pesantren yang berlokasi di wilayah Kabupaten Cilacap, Kecamatan Kesugihan, Desa Kalisabuk ini telah menunjukkan kontribusi besar dalam dunia pendidikan Islam sejak didirikan pada tanggal 1 Januari 1981.

Di bawah kepemimpinan K.H. Ahmad Zainuddin Istadz, atau Abah Zain, Pondok Pesantren Al-Falah telah menjadi tempat berkembangnya ilmu agama dan akhlak yang mulia. Sejarah panjang pesantren ini dimulai ketika Abah Zain mendirikan sebuah serambi di masjid yang dialokasikan sebagai tempat menuntut ilmu bagi santri.

Dalam rangkaian acara dalam Haflah Ikhtitamiddurus dan ultah ke-35 Pondok Pesantren Al Falah Kalisabuk kali ini sangatlah meriah. Mulai dari Al-Falah Bersholawat, Mujahadah Dzikrul Ghoafilin, Khotmil Quran, Muhafadoh Misriu Santri Al-Falah, hingga karnaval yang memukau, semuanya turut memeriahkan momen bersejarah tersebut. Acara puncak yang diadakan pada Kamis, 22 Februari 2024, turut dihadiri oleh sejumlah tokoh agama, kepala desa, dan pejabat setempat, memberikan nuansa kebersamaan yang begitu kuat.

Dalam sambutannya, Aditiya, seorang santri, menegaskan pentingnya mengikuti jejak para kyai dan meneruskan karya klasik ulama salaf. Dia menekankan pentingnya peran santri Al-Falah sebagai promotor untuk masyarakat yang lebih baik, yang mampu menyesuaikan diri dengan tantangan globalisasi.

Bapak Siswanto, Kasi Kesejahteraan Masyarakat Kecamatan Kesugihan, memberikan apresiasi yang tinggi atas peran Pondok Pesantren Al-Falah dalam mencetak generasi muda yang berilmu dan bertaqwa. Ia yakin bahwa Al Falah telah berhasil mencetak generasi muda yang berilmu dan bertaqwa, menjadi pondasi yang kokoh bagi kemajuan masyarakat.

Selain itu, KH. Arsyad Bushoir, dalam ceramahnya, menjelaskan tanggung jawab besar seorang kyai dalam mencerdaskan anak didiknya agar mampu menjadi pemimpin yang dipercaya masyarakat. Beliau menegaskan bahwa seorang kyai memahami kemampuan dan keilmuan seorang santri, dan hal ini menjadi landasan penting dalam pembangunan karakter generasi muda.


Al Falah Kalisabuk

Sejarah Singkat Al-Falah Kalisabuk

Pondok Pesantren Al-Falah Kalisabuk memiliki sejarah yang berakar pada semangat pendirinya, K.H Ahmad Zainuddin Istadz, atau yang akrab disapa Abah Zain. Berdirinya pesantren ini pada tanggal 1 Januari 1981 di Desa Kalisabuk, Kecamatan Kesugihan, Kabupaten Cilacap, bermula dari keinginan untuk memberikan pendidikan agama yang berkualitas kepada masyarakat setempat.

Pada awalnya, pondok ini hanya sebuah serambi di masjid yang disediakan bagi para santri untuk menuntut ilmu. Meskipun banyak yang meragukan dan mencemooh keberadaannya, Abah Zain tidak pernah patah semangat. Dia bertekad mengubah masyarakat yang awalnya jauh dari agama menjadi masyarakat yang lebih mengerti dan mengamalkan ajaran agama.

Dengan tekad dan kerja kerasnya, Pondok Pesantren Al-Falah Kalisabuk mulai tumbuh dan berkembang. Masyarakat sekitar mulai beradaptasi dengan kehidupan religius yang diperjuangkan oleh Abah Zain. Kini, pondok ini telah meraih reputasi sebagai lembaga pendidikan unggulan dalam bidang ilmu agama, serta berhasil mencetak generasi terbaik dalam hal keagamaan.

Abah Zain sendiri merupakan alumni dari Pondok Pesantren Al-Falah Ploso Mojo Kediri. Dia memimpin pondok ini dengan penuh dedikasi, dan kini memiliki lima orang anak. Untuk memajukan pesantren, Abah Zain mengkiblatkan diri pada Pondok Pesantren Al-Falah Ploso Kediri, yang juga dipimpin oleh guru-gurunya sendiri.

Visi Pondok Pesantren Al-Falah adalah mencetak para santri sebagai kader ahlus sunnah wal jama’ah yang teguh dalam prinsip ilmiyah-amaliyah dan amaliyah-ilmiyah. Sedangkan misinya antara lain mengembangkan pesantren secara keilmuan dan kelembagaan, serta meningkatkan kompetensi lulusan pondok pesantren melalui pembekalan moral, skill, dan penguatan di bidang ilmiyah-amaliyah dan amaliyah-ilmiyah. Dengan visi dan misi tersebut, Pondok Pesantren Al-Falah Kalisabuk terus berupaya menjadi garda terdepan dalam pembangunan karakter generasi muda yang berakhlak mulia dan berilmu pengetahuan.

Topik Menarik