5 Contoh Teks Persuasi Propaganda Beserta Strukturnya Beragam Tema

5 Contoh Teks Persuasi Propaganda Beserta Strukturnya Beragam Tema

Terkini | inews | Senin, 12 Februari 2024 - 23:05
share

JAKARTA, iNews.id - Contoh teks persuasi propaganda beserta strukturnya biasa kita temukan di kehidupan sehari-hari. Jenis teks satu ini umumnya muncul dalam berbagai bentuk, seperti dalam iklan, pamflet promosi, hingga kampanye.

Melansir buku Top Fokus Ulangan & Ujian SMP, karya Tim Maestro Eduka (2020), teks persuasif propaganda isinya merupakan ajakan kepada pembaca agar melakukan ataupun mengikuti yang apa diungkapkan oleh penulis.

Tujuan ditulisnya teks persuasi propaganda adalah mempengaruhi pembaca agar bersedia mempercayai dan melakukan apa yang disampaikan penulis. Agar pembaca semakin yakin, penulis biasanya menambahkan data pendukung pada teksnya.

Adapun, teks persuasi propaganda umumnya terdiri dari empat bagian atau struktur, di antaranya isu, rangkaian argumen, pernyataan ajakan, dan penegasan kembali.

Agar lebih mengetahui bentuk teksknya, berikut iNews.id akan berikan contoh teks persuasi propaganda beserta strukturnya dikutip dari berbagai sumber, Senin (12/2/2024).

Contoh Teks Persuasi Propaganda

1. Contoh Teks Persuasi Propaganda Tentang Menanam Pohon

Pengenalan Isu:

Jumlah populasi di dunia semakin meningkat tajam. Hal tersebut berdampak pada semakin berkurangnya luas hutan akibat pembuatan tempat tinggal. Alhasil, saat ini, bumi menjadi lebih panas dan kandungan CO2 di udara semakin meningkat drastis.

Rangkaian Argumen:

Hal ini tidak baik untuk bumi karena dapat menyebabkan pemanasan global serta mencairnya es di kutub. Semua orang sebetulnya dapat membantu untuk mengurangi dampak ini dengan menanam paling tidak lima tanaman per orang.

Pasti akan ada pertanyaan, "Bagaimana kalau tidak memiliki lahan?" Jawabannya adalah menanam dengan menggunakan pot, misalnya menanam sayur-sayuran. Jadi, kamu mendapatkan dua manfaat sekaligus dalam sekali tanam.

Pernyataan Ajakan:

Selain sayur-sayuran, kamu juga bisa menanam kaktus. Tanaman satu ini dapat pula dijadikan dekorasi rumah dalam ukuran yang kecil.

Penegasan Kembali:

Tularkan kebiasaan baik ini pada teman-temanmu! Semakin banyak orang yang bergabung untuk menerapkan kebiasaan ini, maka hasilnya akan semakin baik dalam mengurangi pemanasan global di bumi!

2. Contoh Teks Persuasi Propaganda Tentang Kebiasaan Merokok

Pengenalan Isu:

Budaya merokok sungguh kental di Indonesia, meskipun sudah disediakan bilik khusus rokok di beberapa titik, tidak menutup kemungkinan akan ada saja orang yang masih merokok di sembarang tempat.

Padahal, rokok yang berisi cacahan daun tembakau kering ini memiliki banyak bahan kimia, seperti nikotin, tar, dan masih banyak lagi.

Rangkaian Argumen:

Katanya, rokok dapat membuat lebih konsentrasi dan meningkatkan mood agar menjadi lebih baik. Tapi, itu semua hanya semu belaka. Faktanya, RSUP Dr. Sardjito kerap mengingatkan bahaya merokok yang dapat menyebabkan penyakit paru obstruktif kronis, bronkitis, hingga kanker paru akibat adanya efek karsinogenik.

Rokok juga dapat menjadi candu yang menyebabkan pengguna sulit untuk berhenti.

Tak hanya untuk perokok aktif, perokok pasif pun dapat terkena dampak dari asap rokok yang ditimbulkan. Badan Kesehatan Dunia atau WHO menyebutkan bahwa terdapat kasus kematian dari perokok pasif sebanyak 890 ribu dari jumlah kematian 7 juta perokok aktif di setiap tahunnya.

Hal ini dikarenakan meskipun asap rokok sudah menghilang, sebanyak 4.000 zat berbahayanya masih berterbangan di udara dan dapat menjadi pemicu kanker.

Pernyataan Ajakan:

Tapi jangan khawatir, tidak ada kata terlambat untuk melakukan perubahan yang lebih baik. Kita mendapat tubuh yang baik, sehat, dan sempurna ketika lahir, maka dari itu minimalisir segala hal yang dapat merugikan tubuh dan juga orang lain.

Menjaga kesehatan semaksimal mungkin salah satunya adalah dengan tidak merokok. Jangan sampai varian penyakit datang hanya gara-gara rokok.

3. Contoh Teks Persuasi Propaganda: Ayo Rajin Melakukan Aktivitas Fisik!

Pengenalan Isu:

Aktivitas fisik menjadi salah satu hal yang wajib dilakukan selain aktivitas lainnya. Aktivitas fisik sangat penting dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh manusia. Selain menjaga kesehatan tubuh, aktivitas fisik yang rutin dilakukan juga bisa meminimalisir berbagai penyakit mematikan.

Di balik manfaatnya yang cukup besar, masih ada beberapa orang yang menyepelekan manfaat aktivitas fisik. Mereka beranggapan jika aktivitas fisik tidak terlalu penting dan hanya membuang waktu saja. Padahal dengan rutin melakukan aktivitas fisik, tubuh menjadi tidak cepat lelah atau sakit.

Rangkaian Argumen:

Mengutip dari situs Kementerian Kesehatan atau Kemenkes, aktivitas fisik merupakan gerakan tubuh yang dilakukan secara keseluruhan untuk meningkatkan pengeluaran energi.

Kementerian kesehatan menyarankan untuk melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit setiap harinya selama lima kali seminggu. Aktivitas fisik ini tidak harus dilakukan dengan pergi ke klub kebugaran.

Namun, bisa dilakukan dengan cara yang mudah dan murah. Contohnya naik turun tangga, jalan cepat, berenang dan bersepeda. Manfaat utama dari rutin melakukan aktivitas fisik adalah bisa mengendalikan tekanan darah, menurunkan osteoporosis, mencegah diabetes Melitus, meningkatkan daya tahan tubuh, mengendalikan kolesterol, dan masih banyak lagi.

Pernyataan Ajakan:

Seperti yang sudah disebutkan di atas, jika aktivitas fisik memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Selain itu, cara yang dilakukan juga tidak sesusah yang dibayangkan dan tidak membutuhkan biaya besar. Maka dari itu, ayo kita rajin melakukan aktivitas fisik rutin selama 30 menit setiap harinya.

Mungkin manfaatnya tidak akan langsung dirasakan, namun dalam jangka waktu panjang pasti manfaatnya akan muncul. Tidak perlu memaksa diri untuk melakukan aktivitas fisik berat, cukup lakukan sesuai dengan kemampuan tubuh saja.

Penegasan Kembali:

Aktivitas fisik sudah seharusnya dilakukan secara rutin. Selain karena mudah dan murah, namun juga ada banyak manfaat jangka panjang yang bisa dirasakan. Rutinlah melakukan aktivitas fisik demi kesehatan tubuh kita.

4. Contoh Teks Persuasi Propaganda Tentang Pentingnya Membaca

Pengenalan Isu:

Menurut UNESCO menyebutkan Indonesia urutan kedua dari bawah soal literasi. Artinya, minat baca masyarakat Indonesia sangatlah rendah.

Rangkaian Argumen:

Menurut data UNESCO, minat baca masyarakat Indonesia hanya 0,001. Ini berarti, dari 1,000 orang Indonesia, cuma 1 orang yang rajin membaca.

Selain itu, ada juga riset berjudul World's Most Literate Nations Ranked yang dilakukan oleh Central Connecticut State University pada Maret 2016 lalu, Indonesia dinyatakan menduduki peringkat ke-60 dari 61 negara soal minat membaca, persis berada di bawah Thailand (59) dan di atas Bostwana (61).

Padahal, membaca bisa memberikan banyak manfaat. Beberapa di antaranya adalah memperluas pengetahuan, menambah kosakata baru, hingga memperlancar berbicara di depan umum.

Pernyataan Ajakan:

Wah, tentu sayang sekali kalau minat baca di Indonesia rendah, kan? Kita bisa tertinggal jauh dengan negara-negara di dunia. Karena itu, mari, mulailah bangun kebiasaan membaca.

Penegasan Kembali:

Kebiasan membaca ini bisa dimulai dengan membaca buku dari tema yang kamu sukai. Misalnya cerita fiksi, dongeng, atau lainnya.

5. Contoh Teks Persuasi Propaganda: Buanglah Sampah pada Tempatnya

Pengenalan Isu:

Sampah merupakan isu yang cukup meresahkan di Indonesia. Rasanya masih terlalu banyak sampah kecil berserakan di sekitar kita. Terkadang banyak orang menyepelekan bahwa sampah kecil itu tanpa mengetahui dampak yang akan ditimbulkannya. Sekecil apapun, sampah ya sampah.

Rangkaian Argumen:

Sampah yang kita buang di mana saja tidak akan hilang sendiri. Apalagi jika sampah tersebut merupakan sampah anorganik atau sampah yang tidak dapat diuraikan oleh tanah.

Namun, bukan berarti kita dapat membuang sampah organik ke mana saja. Sampah terurai tetap tidak akan menghilang secara instan. Membuang sampah di mana saja tetap berisiko mengundang penyakit yang tidak diinginkan.

Belum lagi dampak langsung yang membuat kita tidak nyaman. Baunya akan sampai ke hidung kita juga yang membuangnya. Sebelum mengeluh, keluhkanlah diri sendiri yang tidak membuang sampah ke tempatnya.

Pernyataan Ajakan:

Oleh karena itu, buanglah sampah pada tempatnya. Sesederhana itu maka berbagai dampak negatifnya akan terhindarkan. Hargailah orang-orang yang selama ini berjasa menjaga kebersihan.

Mereka bangun dan bekerja jauh lebih awal dari kita, kedinginan, kelelahan, karena ulah kita yang membuang sampah sembarangan.

Penegasan Kembali:

Menghargai mereka sama dengan kita menghargai diri sendiri karena saat kita membuang sampah sembarangan, kita akan menjadi pribadi yang kotor seperti sampah itu sendiri. Mari buang sampah pada tempatnya dan jagalah kebersihan.

Itulah informasi mengenai contoh teks persuasi propaganda beserta strukturnya. Semoga menginspirasi!

Topik Menarik