Komunitas dan Pengembang Game Lokal Sampaikan Harapannya saat Bertemu Wamenparekraf

Komunitas dan Pengembang Game Lokal Sampaikan Harapannya saat Bertemu Wamenparekraf

Terkini | inews | Senin, 12 Februari 2024 - 21:00
share

SURABAYA, iNews.id - Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo meninjau langsung proses pembuatan game lokal di rumah produksi Game Studio Mojiken, Surabaya, Sabtu (12/2/2024). Angela sempat berdiskusi dengan komunitas dan pengembang game lokal terkait inovasi dan kreasi game yang banyak diminati masyarakat.

Pada kesempatan itu produser game, Eka Pramudita Muharram menyampaikan harapannya kepada Angela agar bisa membantu dalam pengembangan industri game di Indonesia.

"Harapannya buat kami itu pinginnya ke depan industri game Indonesia akan semakin bertumbuh," ujar Eka.

Selain itu dia juga berharap ke depan semakin banyak studio-studio industri game lain dan bisa berkiprah mendapatkan penghargaan karyanya di luar negeri.

"Juga menghasilkan revenue yang sangat baik, dan juga harapannya itu bukan cuma terkenal di luar dan juga bisa meng-capture market Indonesia," ucapnya.

Dia meyakini kolaborasi dengan Kemenparekraf dapat meningkatkan standar industri game lokal. " Yang sekarang standar kita segini akan bisa lebih banyak," katanya.

Pada kesempatan yang sama, Wamenparekraf mengungkapkan, data Kemenparekraf 2022 menunjukkan, total dana yang dikeluarkan oleh para pemain game mencapai 25 triliun rupiah dan diprediksi akan bertambah higga 36 triliun rupiah di tahun depan.

"Bagaimana mendukung ekosistem game ini lebih fokus lagi, kawan-kawan ini bisa menjadikan game itu sebagai satu-satunya pekerjaan sehingga bisa dikembangkan bersama," ucap Angela.

Mengingat potensi yang cukup besar dari industri game tersebut, Kemenparekraf berkomitmen untuk mendorong pertumbuhan industri game nasional. Caranya, kata dia dengan meningkatkan kualitas SDM pengembang game, membantu permodalan hingga teknologi yang akan digunakan.

"Tadi kita sudah dapat masukan dari kawan-kawan, bagaimana nanti kita datangkan expert, khususnya untuk mengajarkan businesside-nya dari pembuatan game ini ke depan," ucapnya.

Topik Menarik