Berbekal Teknologi AI dan VR, Tencent Beri Sentuhan Lebih Modern untuk Opera China

Berbekal Teknologi AI dan VR, Tencent Beri Sentuhan Lebih Modern untuk Opera China

Terkini | inews | Senin, 12 Februari 2024 - 16:35
share

JAKARTA, iNews.id - Tencent membuat opera China lebih modern. Perusahaan asal China itu menggunakan artificial intelligence (AI) untuk membuat tampilan opera lebih baik.

Tencent mengambil pertunjukan opera 1956 Mulan. Perusahaan membuat tampilannya tampak seperti baru lagi menggunakan AI untuk membersihkan videonya, sebagaimana dikutip dari Gizmo China.

Proyek ini ternyata sukses, menarik lebih dari 7 juta viewers untuk menonton live streaming. Ini semua bagian dari rencana lebih besar dari Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata membawa opera tradisional China ke era digital.

Dikutip dari Gizmo China, Tencent tidak berhenti hanya dengan membersihkan video tua. Mereka menggunakan teknologi canggih seperti 6DoF, yang besar dalam virtual reality untuk menangkap gerakan rumit karakter dari opera terkenal.

Teknologi semacam ini memungkinkan, masyarakat saat ini melihat dan mengapresiasi keindahan kompleks dari tarian dan cerita tradisional tersebut. Tujuannya untuk menjaga kisah-kisah klasik ini tetap hidup dan membagikannya kepada generasi baru.

Tencent menghadapi tantangan, seperti menemukan cukup banyak data opera lama untuk digunakan. Tapi, mereka menemukan cara untuk mengatasinya.

Mereka berencana membangun perpustakaan digital, sehingga lebih banyak orang dapat menemukan dan menikmati pertunjukan yang telah direstorasi ini. Di China, perusahaan teknologi menggunakan sumber daya mereka merayakan dan melestarikan budaya tradisional.

Melalui upaya itu, mereka memastikan bagian penting dari warisan China ini tidak akan terlupakan, dengan membuat pernyataan publik teknologi dapat menjadi jembatan antara masa lalu dan masa kini.

Topik Menarik