Pertamina EP Field Subang Latih Pelajar Kelola Limbah Rumah Tangga Menjadi Bernilai Ekonomi

Pertamina EP Field Subang Latih Pelajar Kelola Limbah Rumah Tangga Menjadi Bernilai Ekonomi

Terkini | subang.inews.id | Senin, 12 Februari 2024 - 16:22
share

SUBANG, iNewsSubang.id – Pertamina EP (PEP) Field Subang mengajak pelajar di Kecamatan Compreng untuk mengelola limbah skala rumah tangga. Mulai tahun 2024, PEP memberikan sosialisasi dan pelatihan dalam Program Purnama Goes to School di lima sekolah, termasuk Madrasah Ibtida’iah Bahrul Huda, SMA Negeri 1 Compreng, SMKN 1 Compreng, SMPN 2 Compreng, dan SMP Negeri 1 Compreng.

Tujuan utamanya adalah agar siswa memahami permasalahan limbah rumah tangga serta strategi untuk mengubahnya menjadi barang yang memiliki nilai guna dan ekonomi. Program Purnama Subang, yang merupakan singkatan dari Purna Pekerja Migran Indonesia Berdaya Bersama Subang, adalah program pemberdayaan bagi para purna pekerja migran di Desa Compreng.

Dengan bekerja sama dengan mitra binaan Purnama Subang yang merupakan bagian dari kelompok Indonesian Migrant Workers Association (IMWA) sebagai narasumber, berbagai materi dibahas, termasuk jenis-jenis sampah, permasalahan terkait sampah, serta solusi untuk mengatasi masalah sampah melalui pembuatan sabun dari eco enzyme dan minyak jelantah.

Menurut Head of Communication, Relation & CID Zona 7, Wazirul Luthfi, dalam kegiatan Purnama Goes To School ini, siswa tidak hanya menerima materi, tetapi juga melakukan praktik pembuatan sabun dari eco enzyme dan minyak jelantah. Selain itu, mereka juga dikenalkan dengan masalah limbah B3, seperti popok sekali pakai, dan cara mengolahnya menjadi pot.

 

“Melalui program ini Perusahaan ingin mengambil peran dan kontribusi dalam melestarikan lingkungan dan memberdayakan masyarakat khususnya generasi muda. Harapan dari kegiatan ini para pelajar tahu cara mengatasi limbah rumah tangga yang ada di sekitarnya dan mengolahnya agar lingkungan tetap terjaga," ujarnya. 

Setelah kegiatan ini dilaksanakan, PT Pertamina EP Subang Field bersama kelompok IMWA akan bekerja sama dengan sekolah-sekolah untuk mengumpulkan limbah minyak jelantah, sayur, dan buah, yang akan diolah menjadi eco enzyme dan kemudian dijadikan sabun. Selain itu, siswa-siswi atau guru yang memiliki limbah popok dapat menukarkannya dengan pot yang telah dibuat oleh Kelompok IMWA.

“Kami atas nama Kelompok IMWA sekaligus masyarakat Desa Compreng mengucapkan terima kasih kepada PT Pertamina EP Subang Field atas kontribusinya terhadap pelestarian lingkungan dan pemberdayaan untuk kelompok dan masyarakat luas khususnya para pelajar di Kecamatan Compreng,” tegas Saripah selaku anggota Kelompok IMWA.

Topik Menarik