Apa Itu Google Activity? Begini Cara Kerja dan Menemukannya

Apa Itu Google Activity? Begini Cara Kerja dan Menemukannya

Terkini | inews | Senin, 12 Februari 2024 - 15:35
share

JAKARTA, iNews.id - Apa itu Google Activity? Tidak semua pengguna mungkin tahu apa yang dimaksud dengan Google Activity ini karena jarang menggunakannya.

Google mempunyai layanan yang berguna bagi penggunanya. Salah satu layanan yang dapat dimanfaatkan adalah Google Activity. Sebenarnya apa itu?

Apa Itu Google Activity?

Google Activity salah satu layanan terbaik Google yang dapat merekam aktivitas pengguna. Raksasa mesin pencari ini dapat menebak apa saja yang diinginkan pengguna berdasarkan Google histroy dalam page My Activity.

Selain itu, fitur Activity ini mempunyai fungsi untuk mempersonalisasi pengalaman berselancar menjadi lebih baik. Di halaman My Activity pengguna juga bisa mengelola atau melihat data penyimpanan digital yang Google simpan.

Secara default, halaman My Activity Google ditampilkan dalam rentang waktu tertentu. Anda bisa melihat aktivitas dalam perangkat untuk satu hari, tujuh hari terakhir, atau menyesuaikan data sesuai kebutuhan.

Cara Kerja Aktivitas Google

Dikutip dari halaman dukungan Google, untuk mempersonalisasi pengalaman, aktivitas di layanan tertentu seperti penelusuran, YouTube, atau Chrome dapat disimpan sebagai data ke akun.

Akivitas ini membantu membuat pengalaman di Google menjadi lebih cepat dan bermanfaat. Jenis aktivitas yang muncul di My Activity mencakup info terkait lokasi, dan produk Google yang digunakan, serta Kontrol aktivitas mana yang diaktifkan.

Menemukan Aktivitas

1. Buka akun Google
2. Di panel navigasi kiri, klik Data & Privasi
3. Di bagian setelan histori, klik aktivitas saya
4. Untuk mengakses aktivitas:
- Temukan aktivitas Anda yang diatur menurut tanggal dan waktu
- Untuk menemukan aktivitas tertentu, gunakan kotak penelusuran dan filter di bagian atas

Untuk melihat detail suatu item, di bagian bawah item itu pilih Detail. Di sini Anda akan menemukan tanggal dan waktu aktivitas serta alasan penyimpanannya. Anda mungkin juga akan menemukan informasi lokasi, perangkat, dan aplikasi.

Topik Menarik