Ribuan Personel Siap Amankan Pemilu 2024 di Bangka Barat, Tim Dibagi Jadi 2 Metode

Ribuan Personel Siap Amankan Pemilu 2024 di Bangka Barat, Tim Dibagi Jadi 2 Metode

Terkini | inews | Senin, 12 Februari 2024 - 14:36
share

BANGKA BARAT, iNews.id - Sebanyak 1.528 personel gabungan dikerahkan untuk mengamankan Pemilu 2024 di Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Tim pengamanan dibagi menjadi dua metode, yaitu pengamanan langsung dan tidak langsung.

Persiapan pengamanan ini dilakukan dengan menggelar apel pergeseran pasukan (serpas) pengamanan tempat pemungutan suara (TPS) di halaman Mapolres Bangka Barat, Senin (12/2/2024).

Ribuan personel yang dilibatkan terdiri atas 214 anggota Polri, 114 prajurit TNI dan 60 personel Satpol PP serta 1.140 Linmas. 

Tim pengamanan akan dibagi menjadi dua metode, yaitu pengamanan langsung dan tidak langsung di 570 TPS yang tersebar di 66 desa/kelurahan di daerah itu.

Kapolres Bangka Barat, AKBP Ade Zamrah yang bertugas sebagai pemimpin apel mengarahkan personel yang terlibat untuk dapat menjalankan tugas sebaik mungkin, supaya Pemilu Serentak 2024 berjalan kondusif dan lancar.

"Personel pengamanan TPS wajib melakukan mapping sebelumnya, sehingga dapat mengetahui lokasi pengamanan serta melakukan komunikasi dan koordinasi dengan petugas pemungutan dengan baik," katanya.

Sementara itu, Bupati Bangka Barat, Sukirman menyampaikan apel pergeseran pasukan ini menjadi momentum untuk memastikan kesiapan dan sinergitas antara aparat keamanan dalam menjalankan tugasnya. 

"Kami mengucapkan terima kasih terlebih dahulu kepada Kapolres dan Dandim yang telah menginisiasi pengamanan pemilu. Mudah-mudahan apa yang sudah kita ikhtiarkan memberikan rasa aman dan nyaman pada pelaksanaannya nanti," kata Sukirman. 

Komandan Kodim (Dandim) 0431/BB Letkol Inf Kemas Muhammad Nauval mengatakan telah mempersiapkan prajurit TNI dan siap bersinergi untuk menyukseskan Pemilu 2024.

"Baik personel maupun materinya sudah kami siagakan. Bersama kepolisian kami siap menjalankan tugas agar pemilu di Bangka Barat berlangsung aman, rahasia, langsung, umum, dan bebas," ucapnya. 

Topik Menarik