Antisipasi Politik Uang, Bawaslu Kota Tasikmalaya Tingkatkan  Patroli Pengawasan

Antisipasi Politik Uang, Bawaslu Kota Tasikmalaya Tingkatkan Patroli Pengawasan

Terkini | tasikmalaya.inews.id | Senin, 12 Februari 2024 - 13:12
share

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id - Antisipasi kecurangan atau pelanggaran di masa tenang Pemilu 2024, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Tasikmalaya akan meningkatkan pengawasan di lapangan.

Salah satu pelanggaran yang mungkin banyak terjadi yakni politik uang. "Yang menjadi salah satu titik fokus rawan di masa tenang, dari trend tahun-tahun kemarin itu adalah serangan fajar (politik uang) dan sebagainya," ucap Kepala Divisi Penanganan Pelanggaran Bawaslu Kota Tasikmalaya, Rida Fahlepi di Bale Kota, Minggu (11/2/2024).

Dikatakan Rida, Bawaslu Kota Tasikmalaya telah menginstruksikan seluruh pengawas pemilu, baik tingkat kecamatan maupun keluruhan untuk melaksanakan patroli di malam krusial nanti.

"Untuk beberapa hari ini kita lebih tingkatkan untuk patroli ke titik-titik krusial yang berpotensi terjadinya politik uang," jelasnya.

Rida menyebut, ada sanksi menanti kepada para pelanggar yang sengaja melakukan hal tersebut sesuai peruandang-undangan yang berlaku.

"Tentunya, jika ditemukan ada dugaan pelanggaran maka kami akan melakukan tindakan sesuai aturan-aturan yang ada, termasuk jika ada tindak pidana pemilu kami akan segera dan cepat melakukan itu," ungkapnya.

Dia berharap, peran serta masyarakat dalam Pemilu 2024 sangat dibutuhkan agar pesta demokrasi lima tahunan ini berjalan aman, lancar, kondusif serta berintegritas.

"Tentu peran masyarakat di sini sangat dibutuhkan, jika menemukan pelanggaran bisa langsung memberitahukan ke para pengawas," pungkasnya.

Topik Menarik