Penertiban APK Jadi Prioritas Peserta Pemilu, Satpol PP Hanya Membantu

Penertiban APK Jadi Prioritas Peserta Pemilu, Satpol PP Hanya Membantu

Terkini | bandungraya.inews.id | Senin, 12 Februari 2024 - 09:52
share

SUMEDANG, iNewsBandungRaya.id - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Sumedang meminta, agar para peserta Pemilu 2024 untuk ikut terlibat dalam penertiban alat peraga kampanye (APK) di masa tenang ini.

Kepala Bidang Penegakan Perundang Undangan Daerah (PPUD) Satpol PP Sumedang, Yan Mahal Rizzal mengatakan, sejatinya penertiban APK harus dilakukan oleh peserta pemilu. Sebab menurutnya, Satpol PP dan jajaran terkait lainnya hanya bersifat membantu.

"Prioritas utama adalah oleh peserta pemilu, kami bersama pemerintah bersama Bawaslu, KPU, dan jajaran terkait sifatnya hanya membantu dalam pelaksanaan," ucap Rizzal, saat memimpin penertiban APK di Alam Sari, dikutip Senin (12/2/2024).

Namun, kata Rizzal, apabila peserta pemilu tidak melakukan penertiban secara mandiri, maka Satpol PP yang akan melaksanakannya.

"Kami bersama-sama tim akan melakukan penertiban. Di tingkat kecamatan dipimpin oleh camat, Kasi Tibumtanmas, Panwascam, PKD," imbuhnya.

 

Rizzal juga meminta, bagi peserta pemilu maupun tim sukses untuk lebih peka, jangan hanya antusias dalam pemasangan APK saja.

"Untuk itu kami minta bersama-sama bahu membahu menyelesaikan, membersihkan, supaya Sumedang bebas dari APK dan bahan kampanye," ujarnya.

Rizzal mengatakan, penertiban APK di Kabupaten Sumedang sendiri dilakukan di semua wilayah kecamatan sejak Minggu (11/2/2024).

"Sebelumnya kami apel bersama di PPS terkait Gerakan Sumedang Bebas APK. Sesuai dengan apa yang disampaikan oleh pak Pj Bupati, hari ini mulai dilakukan penertiban APK secara serempak di Kabupaten Sumedang," tandasnya.

Topik Menarik