KMP Agung Samudra Kandas di Selat Bali, Puluhan Penumpang dan ABK Dievakuasi

KMP Agung Samudra Kandas di Selat Bali, Puluhan Penumpang dan ABK Dievakuasi

Terkini | inews | Senin, 12 Februari 2024 - 05:15
share

JEMBRANA, iNews.id - Kapal Motor Penumpang (KMP) Agung Samudra XVIII kandas di perairan Selat Bali dekat lampu kuning Pelabuhan Gilimanuk, Kabupaten Jembrana, Bali, Minggu (11/2/2024).

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Seluruh penumpang yang berjumlah 42 orang bersama 16 anak buah kapal (ABK) berhasil dievakuasi tim SAR gabungan.

Koordinator Pos SAR Jembrana, Dewa Putu Hendri Gunawan mengatakan, KMP Agung Samudra berlayar dari Pelabuhan Ketapang Banyuwangi dengan tujuan Pelabuhan Gilimanuk.

Saat berlayar, KMP Agung Samudra mengangkut 42 penumpang, 16 ABK, serta 4 unit kendaraan trailer. Selain itu, 3 truk besar, truk sedang, dua mobil sedan, dan lima sepeda motor.

“Dari 42 penumpang, 38 orang dievakuasi ke Kantor ASDP Gilimanuk. Sedangkan empat penumpang lainnya dan 16 ABK memilih bertahan di dalam kapal,” katanya.

Dia menjelaskan, KMP Agung Samudra berlayar dari Ketapang pukul 11.50 WITA. Selang satu jam, kapal terseret arus dan kandas di dekat lampu kuning atau sekitar satu mil dari Pelabuhhan Gilimanuk.

“Proses evakuasi kapal menunggu air pasang di perairan Selat Bali. Evakuasi rencananya dengan menarik menggunakan tug boat,” katanya.

Topik Menarik