UM Surabaya Masuk Top 10 Kampus Penerima Dana Riset Terbanyak BRIN

UM Surabaya Masuk Top 10 Kampus Penerima Dana Riset Terbanyak BRIN

Terkini | sindonews | Minggu, 11 Februari 2024 - 18:07
share

Universitas Muhammadiyah (UM Surabaya) masuk dalam Top 10 kampus penerima dana riset terbanyak dari BRIN. 10 perguruan tinggi terbanyak yang menerima pendanaan Riset dan Inovasi untuk Indonesia Maju (RIIM) itu dihitung dari total proposal yang masuk ke BRIN sejak tahun lalu.

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mengapresiasi kampus yang masuk kategori Top 10 Perguruan Tinggi Penerima Grant RIIM selama periode 2022-2023.

Baca juga: 11 Beasiswa di UM Surabaya, Ada KIP Kuliah hingga untuk Penghafal Al-Qur'an

Deputi Fasilitas Riset dan Inovasi BRIN Agus Haryono mengatakan, realisasi pendanaan RIIM tidak hanya ditujukan kepada kampus-kampus ternama dan besar di Indonesia, tapi diharapkan bisa menjadi penopang dana riset bagi seluruh perguruan tinggi.

Agus meminta untuk tidak khawatir dan mengimbau seluruh kampus mengirimkan proposal riset unggulannya. "Banyak yang bilang kalau perguruan tinggi yang besar-besar saja yang dapat, tapi tidak. Bisa kita lihat contohnya itu Muhammadiyah Surabaya ya," kata Agus, dikutip dari laman UM Surabaya, Minggu (11/2/2024).

Baca juga: Mau Kuliah di Fakultas Agama Islam UM Surabaya? Segini Biaya Kuliahnya

Diketahui salah satu cara untuk mendapatkan pendanaan RIIM dari BRIN, dengan cara mengirimkan proposal riset yang bagus dan menarik, supaya bisa diloloskan saat pengecekan atau review.

"Kami harap nantinya kampus lain maupun lembaga riset independen dapat mengajukan proposalnya kepada kami dan dapat berkompetisi dengan sehat," ujar Agus.

Sementara itu Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM UM Surabaya) Dede Nasrullah mengatakan bahwa hal ini merupakan capaian UM Surabaya yang sangat luar biasa di bidang penelitian.

Dede menegaskan, pihaknya akan terus meningkatkan dan konsisten tiap tahunnya. “Dengan masuk Top 10 Perguruan Tinggi di Indonesia , saya yakin UM Surabaya menuju kampus unggul akan tercapai di tahun ini,” pungkasnya.

Topik Menarik