Kenali Potensi Tersembunyi, Tes STIFIn di Sekolah Alam Saiq Al Hikmah Gratis, Buruan Daftar!

Kenali Potensi Tersembunyi, Tes STIFIn di Sekolah Alam Saiq Al Hikmah Gratis, Buruan Daftar!

Terkini | surabaya.inews.id | Minggu, 11 Februari 2024 - 16:02
share

BANYUWANGI, iNewsSurabaya.id - Pemandangan berbeda terlihat pada Jumat (09/02/2024), atmosfer kreatif memenuhi Café Taman Sekolah Alam Saiq Al Hikmah di Muncar, Banyuwangi. Semua dewan guru dan siswa-siswi bergabung dalam sebuah upaya revolusioner untuk meningkatkan kualitas kegiatan belajar dan mengajar.

Mereka menjalani tes STIFIn, sebuah metode inovatif untuk mengidentifikasi bakat, minat, dan karakter individu. Metode ini, dipandu oleh Konsultan Pendidikan Nasional Dr. H. Holifi, M.Pd dari Rumah STIFIn Surabaya, ia mengungkapkan adanya potensi setiap siswa berdasarkan sistem operasi otak yang dominan, melalui pemindaian sidik jari.

Dr. H. Holifi, M.Pd, yang merupakan promotor STIFIn, menjelaskan bahwa metode ini terinspirasi dari teori-teori psikologi, neuroscience, dan ilmu sumber daya manusia. "Dengan tes STIFIn, kita dapat mengenali dan memahami karakter serta kepribadian setiap individu," ujarnya.

"Tes STIFIn memungkinkan kita untuk menggali potensi, bakat, dan karakter anak sejak dini. Hal ini membantu kita mengetahui arah yang tepat dalam mengembangkan potensi mereka sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki." ungkapnya. 

Dengan langkah inovatif ini, Sekolah Alam Saiq Al Hikmah menegaskan komitmennya dalam mempersiapkan generasi masa depan yang berkualitas dan berpotensi.

 

Mantan Anggota DPRD Kabupaten Bangkalan ini menekankan pentingnya para guru dan orang tua mengetahui potensi dan karakter anak sejak dini melalui Tes STIFin. Tes ini bertujuan untuk mengetahui tentang bakat anak yang sejak lahir memang sudah dikaruniakan Tuhan kepadanya.

“Setiap anak memiliki bakat yang tidak bisa diganggu gugat yang bakal dikejarnya atau dilakukannya dalam hidup. Kita bisa saja memaksakan kehendak kita agar anak harus menjadi ini dan itu, namun semua itu akan berubah ketika seorang anak tumbuh dewasa dan bisa menentukan hidupnya sendiri. Dia akan merasa tertekan dan tidak nyaman dengan apa yang sudah dia lakukan selama ini karena mungkin apa yang dia mau bukanlah seperti apa yang orang tua mau.” paparnya. 

Sementara itu, Ketua Yayasan Saiq Al Hikmah Banyuwangi , Dr. Moh Mukhrojin, M.Si mengatakan lembaganya bekerja sama dengan Rumah STIFin Surabaya akan melakukan Tes STIFin secara gratis bagi semua Peserta Didiknya  agar bisa mengetahui cara belajar peserta didik sehingga hasil yang diharapkan bisa maksimal.

“Ajari burung untuk terbang, Ajari Ikan untuk berenang karena itu karakternya. Begitu juga dengan peserta didik akan diajari sesuai dengan karakternya setelah mengetahui melalui Tes STIFin,” ungkapnya.

Karena pentingnya Program ini,  Biaya Tes STIFin lumayan mahal bagi masyarakat Desa, namun Pengelola SAIQ AL Hikmah mencarikan Donatur sehingga para Dewan Guru dan Siswa dapat malaksanakan Tes STIFin secara Cuma Cuma atau gratis.

“Lembaga Pendidikan biasanya hanya memberikan Transfer Ilmu saja namun tidak memberikan Fasilitas Rekomendasi Bakat dan Minat Peserta didik, karena memang biayanya mahal bagi Masyarakat Desa umumnya, namun Alhamdulillah Saiq Al Hikmah dapat bekerjasama dengan Pihak lain sehingga peserta didik dapat Gratis” ungkapnya.

Topik Menarik