Cara Membuat Tote Bag Multifungsi dari Limbah Spanduk Bekas Kampanye

Cara Membuat Tote Bag Multifungsi dari Limbah Spanduk Bekas Kampanye

Terkini | okezone | Minggu, 11 Februari 2024 - 10:00
share

MEMASUKI masa tenang kampanye Pemilu 2024, berbagai atribut politik seperti bendera, baliho, spanduk dan juga banner yang selama ini ramai ditemukan di jalanan mulai dilepas.

Limbah-limbah tersebut jika dibiarkan dan dibuang begitu saja bisa menimbulkan berbagai permasalahan lingkungan serta hanya menjadi sampah yang menumpuk. Terlebih sampah jenis plastik dan kain menjadi limbah yang sulit diuraikan oleh alam.

Ternyata limbah dari spanduk bekas kampanye bisa dikreasikan menjadi barang yang bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari. Dengan bermodalkan limbah spanduk bekas dapat dikreasikan menjadi tote bag yang multifungsi lho. Penasaran bagaimana cara membuatnya?

Yuk simak cara membuat tote bag dari limbah spanduk bekas kampanye, seperti yang dimuat dalam kanal Youtube MLDSPOT, Minggu (11/02/2024).

Cara Membuat Tote Bag Multifungsi

Alat dan bahan:


Banner

2 Strap masing-masing ukuran 75cm

Cutter

Penggaris

Cara membuat:

1. Potong banner dengan berbentuk persegi panjang berukuran 80cm x 40cm menggunakan cutter. Anda bisa bebas memilih bagian mana yang ingin menjadi desain untuk luaran totebag nantinya.

2. Kemudian pada bagian dalam banner Anda bisa letakan strap di tengah pada bagian samping layaknya berbentuk U. Langkah ini dilakukan pada sisi lebar potongan tas tersebut. Berikan jarak 7 cm di sisi kanan dan kiri. Lakukan langkah ini di sisi yang lain. Strap ini akan digunakan sebagai kaitan untuk pegangan tas.

3. Setelah itu, jahit bagian atas strap agar menempel sempurna. Agar lebih kokoh, lipat bagian atas yang telah dijahit tadi kurang lebih 2 cm dan jahit kembali seluruh bagian yang telah dilipat tersebut. Lakukan langkah yang sama di sisi satunya.

4. Jika strap telah terpasang dengan kokoh, maka Anda bisa lipat dua bahan tas dan menjahit sisi samping kiri dan juga kanan. Jahit kedua sisi dengan posisi terbalik dari bagian atas. Anda harus gunakan teknik double stitch agar jahitan terkunci dan kuat.

5. Kemudian, Anda bisa balik tas yang sudah dijahit dan tote bag dari limbah banner ini siap untuk digunakan.

Topik Menarik