Muhammadiyah Ingatkan Pemenang Pilpres 2024 Tak Jumawa, Kalah Harus Legowo

Muhammadiyah Ingatkan Pemenang Pilpres 2024 Tak Jumawa, Kalah Harus Legowo

Terkini | inews | Minggu, 11 Februari 2024 - 07:00
share

JAKARTA, iNews.id -  Muhammadiyah melalui Sekretaris Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Abdul Mu’ti, menyampaikan pesan penting kepada para kandidat dan seluruh elemen bangsa menjelang Pilpres 2024. Mu'ti mengingatkan agar pemenang tidak jumawa dan yang kalah harus legowo.

"Kami berharap yang menang ya jangan jumawa, yang kalah harus legowo dan tentu saja kita setelah Pemilu kembali bersatu," kata Mu’ti dalam keterangannya, Minggu (11/2/2024).

Mu'ti menekankan pentingnya rekonsiliasi pasca Pilpres 2024. Rekonsiliasi ini diharapkan dapat menciptakan suasana kondusif dan menghindari polarisasi yang berkepanjangan.

"Saya kira akan bagus kalau misalnya ada proses-proses rekonsiliasi dan proses akomodasi. Sehingga setelah Pilpres nanti, tidak ada apa yang orang menyebut dengan the winners take all, yang menang akan mengambil semuanya dan yang kalah itu akan disingkirkan," tuturnya.

Mu'ti juga mengajak seluruh pihak untuk menerima hasil Pilpres dengan lapang dada. Hasil Pilpres merupakan perwujudan dari kedaulatan rakyat dan harus dihormati.

"Sebab hasil dari Pemilu merupakan perwujudan dari kedaulatan yang dimiliki oleh rakyat Indonesia untuk lima tahun ke depan," tuturnya.

Pesan Mu'ti ini sejalan dengan komitmen Muhammadiyah untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Muhammadiyah selalu mengedepankan nilai-nilai demokrasi dan toleransi dalam setiap kontestasi politik.

Muhammadiyah juga mengajak seluruh elemen bangsa untuk bersama-sama menjaga kondusifitas selama masa kampanye dan pemungutan suara. Hindari provokasi dan ujaran kebencian yang dapat memicu perpecahan.

Topik Menarik