Mengintip Perayaan Imlek di Vihara Dharma Ramsi Bandung

Mengintip Perayaan Imlek di Vihara Dharma Ramsi Bandung

Terkini | bandungraya.inews.id | Sabtu, 10 Februari 2024 - 21:02
share

BANDUNG, iNewsBandungraya.id -Tepat pada Sabtu, 10 Februari 2024 puluhan warga Bandung yang merayakan Imlek mengunjungi Vihara Dharma Ramsi yang terletak di Gang Ibu Aisah, No.18 Jamika, Bojoloa Kales, Bandung. Para warga Tionghoa datang dan pergi sejak pagi hari hingga siang bersama keluarga mereka.

Dengan nuansa serba merah, mulai dari ornament-ornamen, lilin, hingga pakaian para pengunjung terlihat memenuhi Vihara tersebut. Tak hanya di dalam Vihara, bahkan sepanjang rumah warga yang merayakan imlek pun penuh dengan ornament berwarna merah.

Ada yang berbeda dari perayaan imlek di Vihara Dharma Ramsi kali ini yaitu Vihara kembali ramai pasca pandemi Covid-19 tiga tahun silam. Selain itu pada perayaan imlek tahun ini Vihara Dharma Ramsi juga tidak mengadakan pertunjukan Barongsai dikarenakan agar situasi tetap kondusif menjelang pemilu pada tanggal 14 Februari.

Sejarah Vihara Dharma Ramsi

Vihara Dharma Ramsi sendiri sudah berdiri sejak tahun 1952 yang didirikan oleh bikhu Anense dan Amoise yang berasal dari Tiongkok. Hal ini menjadikan Vihara ini menjadi salah satu Vihara tertua di Bandung.

Dilansir dari beberapa sumber Vihara ini telah mengalami beberapa kali perbaikan. Awalnya vihara ini merupakan rumah warga hingga akhirnya diperbaiki menjadi lebih luas seiring dengan perkembangan jumlah umat.(*)

Topik Menarik