Kapolres dan Dandim 0613 Ciamis Akan Pantau Langsung TPS yang Dinilai Rawan

Kapolres dan Dandim 0613 Ciamis Akan Pantau Langsung TPS yang Dinilai Rawan

Terkini | ciamisraya.inews.id | Sabtu, 10 Februari 2024 - 18:42
share

CIAMIS, iNewsCiamisRaya.id - Untuk pengamanan pelaksanaan Pemilu Serentak 2024 (Pilpres dan Pileg) Polres Ciamis akan mengerahkan seluruh personilnya. Total sebanyak 700 orang.

Juga mendapat back-up dari 600 anggota TNI dari Kodim 0613/Ciamis. Serta pasukan cadangan dan BKO satu peleton personil dari Brimob Polda Jabar bersenjata lengkap yang standby di Mapolres Ciamis.

Setiap anggota Polres Ciamis mengamankan 4, 5 atau bahkan 10 TPS tergantung tingkat kerawanan.

Pengamanannya cukup variatif. Seorang personil (Polri) ada yang mengamankan 5 TPS bahkan ada yang lebih. Ada juga yang 10 TPS, tergantung tingkat kerawanan, ungkap Kapolres Ciamis AKBP Akmal SH SIK MH yang didampingi Dandim 0613/Ciamis Letkol Inf Wahyu Alfian Arisandi S.IP MiPOl kepada iNewsCiamisRaya.id dan wartawan lainnya usai menghadiri Rakor Pengelolaan Logistik serta Persiapan Pemungutan, Perhitungan dan Rekapitulasi Suara yang dihadiri anggota PPS dari 258 desa dan 7 kelurahan di 27 kecamatan se Ciamis di Auditorium Rektorat Unigal Ciamis, Sabtu (10/02/2024) siang.

Untuk pengamanan TPS tersebut anggota Polri dan TNI melakukan pengamanan secara mobile sehingga semua TPS yang menjadi tanggung jawab pengamanan masing-masing personil tercover.

Setiap TPS harus ada anggota TNI atau Polri yang mengamankan secara mobile. Tapi mereka tidak bertemu dalam satu TPS. Sehingga pengamanan seluruh TPS tercover, bila ada masalah akan cepat tertangani.

Dari 3.943 TPS di Ciamis menurut Kapolres AKBP Akmal, ada sejumlah TPS yang potensi rawan. Jumlahnya tidak sampai 10 TPS. Terutama TPS dengan jumlah pemilih pindahan cukup besar.

Untuk TPS yang potensi rawan tersebut, saya bersama Pak Dandim akan hadir secara langsung di lokasi TPS-nya,jelasnya.

Menurut Kapolres AKBP Akmal, ia bersama Dandim 0613/Ciamis Letkol Inf Wahyu secara mobile sudah melakukan pengecekan pergeseran logistik pemilu dari gudang KPU ke tingkat PPK.

Kami pantau langsung di lapangan, pergeseran logistik pemilu dari gudang sampai ke tingkat PPK. Logistik pemilu belum bergeser bila belum ada anggota TNI/Polri yang mendampingi untuk memastikan keamanannya , imbuh AKBP Akmal.

Dandim 0613/Ciamis Letkol Inf Wahyu Alfian Arisandi pada kesempatan yang sama mengaku optimis pelaksanaan Pemilu 2024 di Ciamis akan berjalan aman dan damai.

TNI dan Polri akan bekerjasama sekuat tenaga dan berkomitmen bersama menjaga kondusifitas keamanan sehingga pesta demokrasi bisa berjalan tertib, aman dan lancar, ujar Dandim 0613/Ciamis Letkol Inf Wahyu Alfian Arisandi.

Topik Menarik