Unik, Karakter Ganjar-Mahfud Ngobrol Soal Program Unggulan dengan Cepot di Majalengka

Unik, Karakter Ganjar-Mahfud Ngobrol Soal Program Unggulan dengan Cepot di Majalengka

Terkini | bandungraya.inews.id | Sabtu, 10 Februari 2024 - 17:22
share

MAJALENGKA, iNewsBandungRaya.id - Pertunjukan seni tradisional wayang golek Giriharga 2 Putu berlangsung meriah di Lapangan Desa Cikondang, Kecamatan Cingambul, Kabupaten Majalengka, pada Jumat (9/2/2024).

Dalam pementasan wayang golek oleh Ki Dalang Khanha Ade Kosasih Sunarya itu ada adegan wayang karakter Ganjar-Mahfud berdialog dengan tokoh punakawan Astrajingga atau Cepot.

Pagelaran wayang golek ini digelar oleh relawan KawanJuang Ganjar Pranowo (GP). Lewat seni wayang golek, KawanJuang GP menyosialisasikan program unggulan pasangan calon presiden-calon wakil presiden (Capres-Cawapres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Harapannya, program tersebut sampai ke masyarakat Jawa Barat, khususnya warga Majalengka. 

Ki Dalang Khanha Ade Kosasih Sunarya menyisipkan sosialisasi program unggulan Ganjar-Mahfud lewat tokoh karakter Ganjar dan Mahfud. Pada babak kedua pertunjukan wayang, sosok punakawan Astrajingga atau Cepot ngobrol dengan karakter Ganjar-Mahfud. 

"Intinya kami menyampaikan tiga program unggulan Pak Ganjar dan Pak Mahfud lewat pertunjukan wayang golek seperti KTP Sakti, satu keluarga miskin satu sarjana, juga satu desa satu faskes dan satu nakes," kata Koordinator Relawan KawanJuang GP Benny Kurniadi.

 

"Jadi program-program kami sisipkan di grid (babak) dua muncul wayang Pak Ganjar sama Pak Mahfud ngobrol dengan wayang Cepot," ujar Benny Kurniadi.

Warga tampak antusias menonton pertunjukan wayang golek dengan cerita berjudul "Dawala Gugat." Meski sempat terhenti karena diguyur hujan, warga tetap setia menonton hingga larut malam. 

Diding (50), warga Sukasari, Majalengka, mengatakan, sangat senang karena bisa menyaksikan langsung pertunjukan kesenian tradisional wayang golek yang dibawakan Ki Dalang Khanha. 

"Saya penasaran dengan penampilan dalang muda, Khanha ini. Kalau lihat di YouTube sih bagus, makanya datang ke sini untuk bisa menyaksikan langsung," kata Diding. 

Diding mengaku memang penggemar berat pertunjukan wayang golek. Dia datang bersama anaknya. "Sekalian mengenalkan kesenian tradisional wayang golek ke anak," ujarnya.

Ani (34), warga Sindangpanji, Cikijing memboyong suami dari Jawa Timur untuk mengenalkan pertunjukan wayang golek di Lapangan Cikondang. 

 

"Senang bisa lihat langsung gelaran wayang golék. Kan biasanya cuma lihat di YouTube ya. Sekarang sekalian ingin mengenalkan juga sama suami," kata Ani.  

Kepala Desa Cikondang Raden Riana Purhita mengatakan, sangat senang karen hiburan untuk masyarakat Cikondang bisa terselenggara. Pertunjukan wayang golek, cukup langka bagi warga Desa Cikondang. 

"Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh komponen masyarakat yang berpartisipasi atas terselenggaranya hiburan masyarakat. Warga Cikondang itu udah 3 tahun tidak terhibur, mau wayang golek terkendala biaya tapi sekarang alhamdulillah," kata Riana.
 

Topik Menarik