6 Hal Produktif untuk Mengisi Liburan Semester bagi Mahasiswa

6 Hal Produktif untuk Mengisi Liburan Semester bagi Mahasiswa

Terkini | sindonews | Sabtu, 10 Februari 2024 - 14:26
share

Setelah melakukan serangkaian kegiatan perkuliahan yang memusingkan, liburansemester menjadi hal yang paling ditunggu oleh mahasiswa.

Liburan semester menjadi momen yang menyenangkan untuk rehat dan bernapas sejenak melepas penatnya rutinitas mahasiswa yang padat. Waktu liburan semester pun bervariasi, ada yang beberapa minggu hingga beberapa bulan lamanya.

Dengan waktu yang panjang tersebut, liburan semester akan terasa membosankan jika hanya diisi dengan bermalas-malasan di rumah saja. Oleh karena itu, simak hal produktif yang bisa kamu lakukan untuk mengisi waktu liburan semester.

Baca Juga:8 Negara Termurah di Dunia untuk Liburan Tahun 2024, Salah Satunya Indonesia

1. Berolahraga

Foto: People Images/Getty Images

Berolahraga secara rutin bisa meningkatkan hormon endorfin atau hormon bahagia serta menurunkan hormon kortisol atau yang kita kenal sebagai hormon stres. Ada beberapa pilihan olahraga ringan yang bisa kamu coba di rumah, misalnya jalan kaki, berlari, berenang, atau bersepeda.

2. Mengikuti Kegiatan Magang

Foto:Fauxels/Pexeks

Magang bisa jadi pilihan kegiatan untuk memaksimalkan momen liburan semester. Kamu bisa memilih perusahaan dan pekerjaan yang linier dengan program studi kamu.

Melalui magang, kamu bisa merasakan secara langsung pengalaman bekerja, mengembangkan keterampilan, menambah pengalaman bekerja di CV, menambah relasi, serta mendapatkan uang saku tambahan.

3. Mengikuti Kegiatan Volunteer

Foto: iStockphoto

Liburan semester menjadi momen yang tepat buat kamu yang mau melibatkan diri dalam kegiatan sosial. Kamu bisa melakukan pengabdian atau menjadi sukarelawan untuk membantu masyarakat.

Selain meningkatkan kepekaan terhadap masyarakat, mengikuti kegiatan volunteer juga bisa menambah pengalaman untuk mengasah soft skill, serta memperluas jaringan sosial kamu.

4. Bekerja Paruh Waktu

Foto:Muhammad Fawdy/Pexels

Pilihan kegiatan lainnya adalah bekerja paruh waktu (part time). Dengan bekerja paruh waktu, kamu bisa belajar untuk menghasilkan uang sendiri tanpa mengandalkan uang saku orang tua sebagai sumber pendapatan.

Saat ini ada banyak sekali pekerjaan paruh waktu yang terbuka untuk mahasiswa, seperti di restoran atau freelance yang sesuai dengan bidang keahlianmu.

5. Mempelajari Bahasa Asing

Foto:Pathdoc/Shutterstock

Bahasa asing kini menjadi salah satu persyaratan kamu diterima di dunia kerja. Mengikuti kursus bahasa asing bisa menjadi pilihan untuk memperbesar peluang karier kamu.

Ada beberapa aplikasi atau situs web untuk belajar bahasa asing. Salah satu yang populer adalah Duolingo yang menyediakan 40 bahasa untuk dipelajari.

Baca Juga:Biodata dan Profil 8 Pemain A Shop for Killers, Lengkap dengan Pendidikan dan Akun Instagram

6. Mengasah Keterampilan Mengikuti Workshop

Foto: iStockphoto

Manfaatkan liburan semester kamu untuk mengasah keterampilan dengan mengikuti pelatihan singkat atau lokakarya. Kamu bisa mengikuti pelatihan yang relevan dengan bidang studi yang sedang kamu jalankan. Seperti mengikuti pelatihan desain, fotografi, atau digital marketing.

Liburan semester kali ini bisa kamu manfaatkan untuk memperdalam pengetahuan dan keterampilan agar dapat mengingkatkan nilai tambah dalam kehidupannya pada masa depan, baik dalam karier maupun sebagai manusia yang lebih baik.

Meisha MuktiKontributor GenSINDOUniversitas Sultan Ageng TirtayasaInstagram: @meishamukti

Topik Menarik