Nurul Hasanah Caleg DPRD Depok, Misinya Tekan Stunting hingga Nol Persen

Nurul Hasanah Caleg DPRD Depok, Misinya Tekan Stunting hingga Nol Persen

Terkini | depok.inews.id | Sabtu, 10 Februari 2024 - 15:12
share

DEPOK , iNews Depok . id - Nurul Hasanah, Calon Anggota DPRD Depok dapil Beji Cinere Limo (BCL) dari Partai PKS mengusung misi memerangi stunting di Kota Depok. Berbekal gelar Apoteker, Nurul Hasanah memahami arti penting memerangi stunting bagi kemajuan dan kesejahteraan Warga Depok.

Salah satu misi saya untuk menjadi anggota DPRD di Depok adalah mendorong pengembangan kebijakan yang mendukung peningkatan kualitas kesehatan dan gizi masyarakat, salah satunya menurunkan angka stunting yang saat ini masih berkisar 12,6 persen di Kota Depok, kata Nurul Hasanah di Depok, Sabtu (10/2/2024).

Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak akibat kekurangan gizi kronis, biasanya terjadi pada periode 1.000 hari pertama kehidupan, mulai dari kehamilan hingga usia 2 tahun.

Nurul Hasanah menjelaskan bahwa stunting dapat menyebabkan penurunan kemampuan kognitif dan prestasi belajar anak, serta mempengaruhi kualitas SDM masyarakat Depok di masa depan.

Oleh karena itu, mari upayakan agar tidak ada lagi kasus baru stunting di Kota Depok. Dibutuhkan kolaborasi antar sektor untuk bisa menurunkan kasus stunting di Kota Depok, ajak Nurul Hasanah.

Nurul Hasanah mengutip hasil Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) 2022 yang menunjukkan bahwa prevalensi stunting di Kota Depok sebesar 12,6 persen. Angka ini lebih rendah dari target nasional yaitu 14 persen pada 2024.

Meskipun jumlah angka stunting lebih rendah dari jumlah angka nasional, saya kelak jika terpilih sebagai anggota dewan akan berupaya menjadikan jumlah itu secara bertahap menurun hingga mencapai target sesuai arahan SDGs yakni nol persen di tahun 2030, ujar Nurul Hasanah.

Nurul Hasanah mengatakan bahwa dalam penanganan kasus stunting, dibutuhkan intervensi spesifik dan sensitif, seperti nutrisi yang memadai, perawatan kesehatan, sanitasi yang baik, dan akses ke makanan bergizi seimbang.

Kolaborasi antar sektor penting sekali untuk bisa mewujudkan hal tersebut. Salah satu yang bisa dilakukan oleh seorang anggota dewan adalah mendorong kebijakan yang mendukung peningkatan akses kesehatan dan gizi masyarakat, serta memastikan alokasi anggaran yang optimal untuk program gizi dan kesehatan anak, ibu hamil, dan remaja, kata Nurul Hasanah.

Nurul Hasanah seorang apoteker dan ahli gizi yang memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun di bidang kesehatan masyarakat. Ia memiliki komitmen yang kuat untuk meningkatkan kesehatan dan gizi masyarakat, khususnya di Kota Depok.

Nurul Hasanah menjadi caleg perwakilan perempuan di bidang kesehatan dengan nomor urut 5 dari Partai PKS di Dapil BCL.

Topik Menarik