Blacius Subono Seniman Berpakaian Semar Pendukung Ganjar-Mahfud Meninggal saat Penyerahan Wayang

Blacius Subono Seniman Berpakaian Semar Pendukung Ganjar-Mahfud Meninggal saat Penyerahan Wayang

Terkini | soloraya.inews.id | Sabtu, 10 Februari 2024 - 14:22
share

SOLO, iNewsSoloRaya.id - Blacius Subono seniman berpakaian Semar yang mendukung Paslon 03 meninggal dunia di tengah acara Puncak Kampanye Ganjar Pranowo-Mahfud MD di Solo pada Sabtu (10/2). Blacius Subono juga merupakan salah satu empu di Jurusan Pedalangan ISI Solo.

Kabar meninggalnya Blacius Subono diketahui dari dua rekannya, yaitu Eko Supriyanto dan Budhayawan ST Wiyono. Keduanya membenarkan bahwa Subono meninggal dunia saat mengikuti kegiatan kampanye tersebut.

"Sudah dengar," kata Wiyono ketika dihubungi wartawan.

Dia menjelaskan bahwa Blacius Subono, yang mengenakan kostum Semar, tiba-tiba jatuh setelah adegan terakhir pertunjukan wayang di Plaza Balai Kota Solo, yang bersamaan dengan penyerahan wayang. Bahkan, Subono masih sempat bersalaman dengan Ganjar dan Mahfud.

 

"Itu adegan terakhir, sudah selesai sebelumnya. Masih sempat bersalaman dengan Pak Ganjar dan Mahfud kan. Saat penyerahan wayang, Pak Bono jatuh dan semuanya kaget," ungkapnya.

Wiyono menyebutkan bahwa suara Subono saat pentas terdengar parau. Menurutnya, hal tersebut disebabkan oleh kelelahan.

Kabar meninggalnya Subono juga dikonfirmasi oleh Eko Supriyanto. "Saya baru mendengar kabar. Belum tahu lokasinya saat ini," ujar Eko ketika dihubungi.

 

Menurut Eko, Subono adalah salah satu Maestro Wayang di Solo. Dia adalah sosok yang tegas dan kreatif.

"Dia sangat antusias dalam berkarya, beliau tidak pernah biasa-biasa saja," ungkapnya.

Topik Menarik