Seniman Blacius Subono Sempat Titipkan Pesan ke Ganjar sebelum Meninggal

Seniman Blacius Subono Sempat Titipkan Pesan ke Ganjar sebelum Meninggal

Terkini | inews | Sabtu, 10 Februari 2024 - 13:23
share

SOLO, iNews.id - Seniman pendukung Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Blacius Subono tutup usia di tengah rangkaian kampanye akbar Hajatan Akbar di Solo, Jawa Tengah, Sabtu (10/2). Blacius ternyata sempat menitipkan pesan langsung kepada Ganjar.

Hal itu disampaikan Blacius saat menutup atraksi Wayang Orang yang mengisahkan ketamakan kekuasaan. Dengan kostum Semar, Blacius menitipkan pesan kepada Ganjar agar tidak lupa pada masyarakat.

Kewajibanmu memayuh hayuning bawana, Tuanmu adalah rakyat, setinggi jabatan apa pun itu hanya mandat, kata Blacius menutup atraksi wayang orang di Solo, Sabtu (10/2/2024).

Blacius juga tegas mengingatkan mantan Gubernur Jawa Tengah itu untuk tidak serakah. Sebab kerusakan dunia salah satunya disebabkan keserakahan.

Pesan yang disampaikan Blacius terasa sangat serius. Sebab Blacius menyampaikan pesan itu seraya menunjuk Ganjar.

Camkan pesan ini, bahwa separuh kerusakan dunia ini berasal dari orang yang merasa penting tetapi separuhnya akibat ulah orang yang serakah, tutupnya.

Blacius terjatuh dan akhirnya meninggal dunia tak lama setelah pesan ini disampaikan. Saat itu agendanya penyerahan piagam Wayang Semar dan Wisanggeni.

Blacius terjatuh tepat di pundak Ganjar Pranowo. Belakangan Blacius kemudian dinyatakan meninggal dunia.

Kabar meninggalnya Subono diketahui dari dua rekannya yakni Eko Supriyanto dan Budhayawan ST Wiyono. Keduanya membenarkan bahwa rekannya meninggal dunia saat mengikuti kegiatan kampanye itu.

"Itu adegan terakhir, sudah selesai sebelumnya masih sempat bersalaman dengan Pak Ganjar dan Mahfud kan. Saat penyerahan wayang Pak Bono jatuh dan pada kaget semua," kata Subono.

Topik Menarik