Maag Kambuh Secara Mendadak? Lakukan 4 Cara Ini 

Maag Kambuh Secara Mendadak? Lakukan 4 Cara Ini 

Terkini | batam.inews.id | Sabtu, 10 Februari 2024 - 12:32
share

 

BATAM, iNewsBatam.id - Dispepsia atau lebih dikenal maag, adalah gangguan pencernaan yang kerap menyebabkan rasa ketidaknyamanan pada bagian atas perut.

Pada umumnya, sebagian besar kasus maag dipicu oleh naiknya asam lambung ke esofagus. Adapun gejala yang muncul meliputi kembung, perasaan kenyang, mual, dan sensasi terbakar pada sistem pencernaan.

Lantas, bagaimana cara mengatasi maag kambuh mendadak? Ini empat tips mengatasinya yang dihimpun dari berbagai sumber, Kamis (8/2/2024). Simak ulasannya.

1. Penggunaan obat

Secara umum, obat-obatan dapat membantu mengatasi masalah sakit maag. Penggunaan antibiotik atau obat dengan kandungan antasida dapat membantu meredakan gejala dan mengendalikan asam lambung.

Selain itu, obat antagonis reseptor H-2 juga dapat mengurangi tingkat asam lambung dan mungkin lebih efektif dibandingkan dengan antasida. Namun, disarankan untuk selalu menggunakan obat sesuai dengan resep dokter.

2. Gunakan campuran baking soda

Baking soda berfungsi dalam menetralkan kelebihan asam lambung. Anda dapat menggunakan larutan baking soda dan air. Caranya, masukkan satu sendok teh baking soda ke dalam segelas air, lalu minumlah dengan perlahan-lahan.

 

3. Menjaga postur tubuh

Penelitian tahun 2021 menunjukkan bahwa postur tubuh berperan dalam meningkatkan rasa sakit pada lambung dan memicu munculnya sensasi terbakar. Selain itu, berbaring dapat memperburuk gejala.

Disarankan menyesuaikan permukaan tidur, gunakan bantal untuk menopang bagian atas tubuh guna meredakan ketidaknyamanan. Namun, saat mengalami serangan maag tiba-tiba, sebaiknya segera tegakkan tubuh agar tekanan pada esofagus dapat berkurang.

4. Longgarkan pakaian

Terkadang kekencangan pakaian dapat menyebabkan naiknya asam lambung. Hal ini disebabkan perut tertekan sehingga mendorong pencernaan ke atas. Oleh karena itu, disarankan untuk melonggarkan pakaian, termasuk ikat pinggang guna mengurangi tekanan pada perut.

 

Syumber: Okezone

Topik Menarik