Tahun Baru Imlek, China Bikin Kesal Taiwan dengan Menerbangkan 8 Balon Udara

Tahun Baru Imlek, China Bikin Kesal Taiwan dengan Menerbangkan 8 Balon Udara

Terkini | inews | Sabtu, 10 Februari 2024 - 10:00
share

TAIPEI, iNews.id - Kementerian Pertahanan (Kemhan) Taiwan mengungkap delapan balon udara China melintasi Selat Taiwan dalam 24 jam terakhir, dua di antaranya terbang melintasi daratan. Ini merupakan kejutan pertama China sekaligus menandai Tahun Baru Imlek yang jatuh pada Sabtu (10/2/2024).

Taiwan mengeluhkan penerbangan balon-balon China sejak Desember. Meski tak ada indikasi balon-balon itu menjalankan tugas mata-mata, kehadirannya menjadi ancaman bagi keselamatan penerbangan serta perang psikologis.

Dalam laporan harian mengenai aktivitas militer China, Sabtu (10/2/2024), Kemhan Taiwan menyebut balon pertama diterbangkan pada Jumat (9/2/2024) pagi dan yang terakhir pada sore hari. Dua diantaranya melintasi daratan bagian utara Taiwan, sementara yang lainnya mendekati pantai sebelum menghilang.

Belum ada pernyataan dari Kementerian Pertahanan China soal penerbangan balon-balon tersebut.

Pemerintah China pada bulan lalu membantah tuduhan Taiwan bahwa balon-balonnya menjalankan operasi spionase. Balon-balon tersebut diterbangkan untuk keperluan meteorologi sehingga tidak perlu dibesar-besarkan dengan alasan politik.

Selain itu jet-jet tempur China juga semakin sering beroperasi di Selat Taiwan setiap hari, bahkan melintasi garis tengah tak resmi yang membagi kedua wilayah. China menegaskan Taiwan adalah bagian dari provinsinya sehingga tak mengakui adanya batas wilayah.

Topik Menarik