Apel Kesiapsiagaan Pengamanan Pemilu 2024 TNI-Polri di Tasikmalaya, Jaga Soliditas dan Netralitas

Apel Kesiapsiagaan Pengamanan Pemilu 2024 TNI-Polri di Tasikmalaya, Jaga Soliditas dan Netralitas

Terkini | tasikmalaya.inews.id | Sabtu, 10 Februari 2024 - 09:52
share

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id - Aparat gabungan TNI-Polri bersama instansi lainnya di Kota dan Kabupaten Tasikmalaya, melaksanakan apel kesiapan pengamanan Pemilu 2024 di Jalan Yudanegara, Kecamatan Cihideung, Kota Tasikmalaya, Sabtu (10/2/2024).

Kapolres Tasikmalaya Kota AKBP Joko Sulistiono mengatakan, apel kesiapan pengamanan ini adalah merupakan bentuk pengecekan terakhir persiapan personel untuk mewujudkan kepada masyarakat di wilayah Kota dan Kabupaten Tasikmalaya tentang kesiapan personel Polri TNI dan instansi terkait dalam rangka pengamanan Pemilihan Umum tahun 2024.

"Sehingga Pemilu tahun ini di wilayah hukum Polres Tasikmalaya dan Polres Tasikmalaya bisa berjalan dengan aman dan lancar, karena Pemilu merupakan pesta demokrasi terbesar yang akan menjadi bukti kematangan demokrasi Indonesia dan sekaligus menjadi titik penentu bangsa dan negara," ujar AKBP Joko Sulistiono dalam sambutannya.

"Oleh karena itu, membutuhkan keseriusan dalam pelaksanaan pengamanan, serta saya berharap seluruh komponen bangsa harus berpartisipasi penuh guna mensukseskan pemilu tahun 2024," sambung kapolres.

Menurut Joko, pada Pemilu 2004, Polres Tasikmalaya Kota beserta TNI dan instansi terkait lainnya, melaksanakan kegiatan pengamanan khusus di wilayah kota sebanyak 1.997 TPS yang tersebar di 10 kecamatan dan 69 kelurahan dan 1.566 TPS di 13 kecamatan dan 112 desa yang ada di wilayah Kabupaten Tasikmalaya yang termasuk di wilayah hukum Polres Tasikmalaya Kota," tuturnya.

Ia mengatakan, adapun pola pengamanan yang akan diterapkan disesuaikan dengan situasi dan kondisi di lapangan.

"Perlu kami sampaikan, dalam rangka menciptakan rasa aman dan nyaman serta kelancaran pelaksanaan Pemilu tahun 2024, selain melaksanakan pengamanan TPS, kami juga melakukan patroli gabungan TNI - Polri dan instansi lain baik Polres maupun polsek jajaran sehingga menciptakan rasa aman dan nyaman selama pelaksanaan Pemilu 2024 serta situasi kamtibmas yang kondusif dan terkendali," ungkapnya.

Joko berpesan, kepada seluruh personel yang terlibat Pengamanan Pemilu 2024 dapat melaksanakan tugas dengan rasa tanggung jawab serta ada beberapa yang perlu dipedomankan dan diperhatikan dalam pelaksanaan tugas.

"Pertama, tingkatkan kepekaan dan kesiapsiagaan selama pelaksanaan pengamanan pemilu. Yang kedua, laksanakan pengaman dengan rasa tanggung jawab, profesional humanis serta berikan pula yang terbaik sehingga masyarakat merasa aman dan nyaman dalam pelaksanaan pemilu sehingga situasi kamtibmas di wilayah hukum Polres Tasikmalaya Kota tetap kondusif. Ketiga, jaga soliditas dan netralitas TNI Polri selama pelaksanaan pengamanan Pemilu 2024," pungkasnya.

Topik Menarik