Mahasiswa KKN UIN Saizu Adakan Pelatihan Digitalisasi Manajemen Keuangan UMKM

Mahasiswa KKN UIN Saizu Adakan Pelatihan Digitalisasi Manajemen Keuangan UMKM

Terkini | purwokerto.inews.id | Sabtu, 10 Februari 2024 - 08:32
share

BANJARNEGARA, iNewsPurwokerto.id- Mahasiswa KKN 53 UIN Saifuddin Zuhri (Saizu) Purwokerto Kelompok 24, menyelenggarakan pelatihan Digitalisasi Manajemen Keuangan UMKM di Desa Gumelem Wetan, Kecamatan Susukan, anjarnegara pada Minggu (4/2/2024).

Dalam observasinya, Mahasiswa KKN 53 UIN Saifuddin Zuhri Purwokerto menemukan bahwa masih banyak UMKM yang melakukan pencatatan keuangan secara manual. Bahkan masih ada belum ada pencatatan keuangan.

UMKM memiliki peranan penting dalam perekonomian Indonesia. UMKM menjadi sebuah sarana dalam mengentaskan kemiskinan masyarakat. UMKM memiliki daya serap yang relatif tinggi dan mampu membuka lapangan kerja baru sehingga tingkat pengangguran dapat menurun.

Selain itu, UMKM juga ikut berkontribusi dalam peningkatan penerimaan devisa negara. Di Desa Gumelem Wetan sendiri, jumlah UMKM cukup tinggi. Hal ini, tentu dapat dijadikan sebagai potensi dalam memajukan desa dan mensejahterakan masyarakat.

Tetapi belum mengelola keuangannya dengan baik. Padahal, untuk mewujudkan UMKM yang berkelanjutan perlu adanya upaya dalam melakukan manajemen keuangan dengan baik.

Beberapa UMKM mungkin masih beranggapan bahwa usaha yang mereka lakukan masih tergolong kecil sehingga tidak perlu adanya pembukuan pengelolaan keuangan. "Melalui program pelatihan digitalisasi manajemen keuangan ini, kami berharap para pelaku UMKM dapat mengelola keuangan dengan mudah, dan tentunya keuangan dapat dikelola dengan baik," ujar Koordinator KKN Triyono.

Pada dunia digital saat ini, penggunaan teknologi mampu mempermudah UMKM dalam mengelola keuangan. Perencanaan keuangan merupakan salah satu aspek penting dalam sebuah usaha. Perencanaan yang jelas akan meningkatkan ekspansi bisnis dan menghindari adanya risiko keuangan.

Salah satu langkah nyata dalam mendukung UMKM Desa Gumelem Wetan menjadi UMKM yang maju adalah menyelenggarakan workshop dan pelatihan tentang manajemen keuangan dengan menggunakan aplikasi Buku Warung.

Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur canggih untuk memudahkan para UMKM melakukan pencatatan arus uang masuk dan keluar. Selain itu, aplikasi Buku Warung juga menyediakan fitur pencatatan hutang piutang, pencatatan stok barang, pencatatan laporan usaha dan pencatatan mode kasir.
Pada era digitalisasi seperti saat ini, mekanisme digital tentu sangat dibutuhkan UMKM dalam memproses semua hal menjadi lebih akuarat, efektif, dan efisien.

Adanya workshop dan pelatihan manajemen keuangan menggunakan bantuan aplikasi Buku Warung, Desa Gumelem Wetan mampu mengangkat potensi UMKM menuju tingkat yang lebih tinggi.

Para pelaku UMKM Desa Gumelem Wetan juga terlihat sangat antusias dengan adanya workshop dan pelatihan ini. Mereka berterima kasih program mahasiswa KKN 53 UIN Saifuddin Zuhri Purwokerto, karena workshop dan pelatihan tersebut memberikan dampak positif yang besar bagi para UMKM Desa Gumelem Wetan.

Para pelaku UMKM Desa Gumelem Wetan mampu mengembangkan bisnis dan memperdalam pemahaman mengenai manajemen keuangan yang baik dan strategi pemasaran yang efektif sehingga UMKM Desa Gumelem Wetan dapat naik kelas.

Topik Menarik