Kadis Kominfo Barito Kuala: Desa Cerdas Peluang Tumbuhnya Komunikasi Digital

Kadis Kominfo Barito Kuala: Desa Cerdas Peluang Tumbuhnya Komunikasi Digital

Terkini | okezone | Kamis, 1 Februari 2024 - 13:55
share

Marabahan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Barito Kuala,Herry Sasmita menerima kunjungan dari kader desa cerdas dengan perihal 15 Desa Cerdas Se-Kabupaten Barito kuala dalam rangka untuk memajukkan desa desa tersebut dengan mengajukkan fasilitas internet di Kantor Diskominfo, pada Selasa (30/01/2024).

Pertemuan itu dihadiri oleh 3 Duta Digital, Kader Digital dan juga 15 Desa Cerdas. Herry berpendapat bahwa Kader desa cerdas dapat mengordinasi dengan Dinas Komunikasi dan Informatika dan 15 desa cerdas yang merupakan stimulan dari Kementerian Desa untuk melahirkan desa desa cerdas lainnya di kabupaten Barito Kuala.

Hery mengharapkan seluruh desa Kabupaten Barito Kuala juga menjadi desa yang cerdas juga transformasi digital. Transformasi digital ini punya tahapan yang pertama adalah infrastruktur digital kemudian pemulihan digital, masyrakat digital dan ekonomi digital. Empat tahapan itu sebenarnya bisa dilakukan secara bersama sama tapi hanya empat tahapan ini, ucapnya.

Desa Cerdas salah satu gebrakan dari Kementrian Desa sebagai inovasi yang mengubah daerah pedesaan menjadi lebih maju dan berkelanjutan. Walaupun sebenarnya dalam kelola Digitalisasi Barito Kuala ujar Hery seyogyanya memang disektor Dinas Kominfo karena urusan digitalisasi, namun diatasnya ada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD).

Kita mengharapkan dengan selesainya tugas dari 3 duta digital pada Agustus nanti kedepannya adalah desa desa digital ini dapat berlanjut dan harapan kita akan bisa menular ke desa lainnya di Kabupaten Barito Kuala. Sehingga yang kita impikan yaitu kelola digital yang dalam hal ini adalah untuk kesejahteraan rakyat dengan mudah, murah dan dalam hal proses itu bisa digitalisasikan, tutur Hery.

Sambungnya Diskominfo akan terus memperhatikan 15 desa ini sebagai desa pertumbuhan yang dapat berpeluang menjadi komunitas digital desa diperkuat dengan internet.

Topik Menarik