4.277 Anggota KPPS di Kota Banjar Jalani Bimtek, Tingkatkan Kualitas dan Kelayakan

4.277 Anggota KPPS di Kota Banjar Jalani Bimtek, Tingkatkan Kualitas dan Kelayakan

Terkini | tasikmalaya.inews.id | Sabtu, 27 Januari 2024 - 13:22
share

BANJAR, iNewsTasikmalaya.id - Sebanyak 4.277 anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Kota Banjar menjalani Bimbingan Teknis (Bimtek) secara bertahap di Gedung Graha Banjar Idaman (GBI) Banjar.

Bimtek ini membahas peran dan fungsi anggota KPPS dalam penyelenggaraan pemilihan umum dan berlangsung dari tanggal 26 hingga 28 Januari 2024.

"KPU Kota Banjar telah menggelar bimtek kepada anggota KPPS yang akan bertugas di Pemilu 2024. Ini merupakan hari kedua kegiatan ini dilaksanakan," ungkap Komisioner KPU Divisi Teknis Penyelenggaraan, Joko Nurhidayat, di Gedung GBI Banjar pada Sabtu (27/1/2024).

Menurut Joko, Bimtek ini diselenggarakan secara serentak untuk seluruh anggota KPPS yang baru saja dilantik. Kegiatan ini dilakukan selama tiga hari di tiga lokasi, yaitu Gedung BCH, Gedung GBI, dan Aula Somahna Bagja Di Buana Komplek Sekretariat Daerah Kota Banjar.

"Total ada 4.277 KPPS yang kami lantik untuk bertugas di 611 TPS yang tersebar di empat kecamatan Kota Banjar," tambahnya.

Setiap anggota KPPS akan dibagi ke dalam kelompok, dan setiap kelompok terdiri dari tujuh orang KPPS. Mereka akan bertugas pada hari pencoblosan Pemilu 2024.

Joko menjelaskan bahwa ada perbedaan dalam penyelenggaraan pemilu kali ini. Sebelumnya, hanya satu anggota KPPS per TPS yang mendapat Bimtek. Namun, pada Pemilu 2024, seluruh anggota KPPS di setiap TPS, yang berjumlah tujuh orang, mendapatkan Bimtek dari KPU.

Tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas dan kelayakan anggota KPPS dalam membantu pemilih menggunakan hak pilihnya di TPS.

"Dengan pelatihan ini bagi tujuh orang, mereka bisa saling mengingatkan pemahaman dan kemampuan teknis dalam penyelenggaraan pemungutan dan penghitungan suara di TPS," ujar Joko.

Dalam Bimtek, setiap anggota KPPS diberikan pemahaman mengenai tugas, fungsi, dan peran mereka saat hari pencoblosan di TPS masing-masing. Salah satu poin yang ditekankan adalah mengawasi proses pemilih saat memasukkan surat suara agar sesuai dengan kotak suara yang telah ditentukan.

"Kami terus mengingatkan masyarakat, terutama para pemilih, untuk datang ke TPS pada tanggal 14 Februari 2024. Salurkan hak pilih Anda, karena itu penting dan menentukan pemimpin bangsa Indonesia ke depan," tutup Joko.

Topik Menarik