Iklan iPad Pro Dikecam Gara-Gara Hancurkan Karya Seni hingga Piano, Apple Minta Maaf 

Iklan iPad Pro Dikecam Gara-Gara Hancurkan Karya Seni hingga Piano, Apple Minta Maaf 

Teknologi | okezone | Jum'at, 10 Mei 2024 - 14:09
share


JAKARTA - Apple meminta maaf setelah iklan untuk produk terbaru mereka yakni iPad Pro menuai kritikan. Dalam iklan itu, tampak sejumlah karya seni, alat musik seperti piano, buku dihancurkan menggunakan alat press hidrolik. 


Melansir BBC, Jumat (10/5/2024), Apple mengatakan iklan tersebut gagal mencapai tujuannya untuk memberdayakan dan merayakan materi kreatif, dalam sebuah pernyataan.


Video ini dimaksudkan untuk menunjukkan bagaimana kreativitas telah dipadatkan ke dalam iPad terbaru.

Namun, selebriti termasuk Hugh Grant dan Justine Bateman bereaksi dengan ngeri atas kehancuran yang ditunjukkan dalam iklan tersebut.


“Tujuan kami adalah untuk selalu merayakan berbagai cara pengguna mengekspresikan diri dan mewujudkan ide-ide mereka melalui iPad. Kami salah sasaran dalam video ini. Kami mohon maaf,” kata Wakil Presiden Komunikasi Pemasaran Apple, Tor Myhren.


Bos Apple Tim Cook disebut tuli karena postingannya di X, ia meminta orang-orang untuk membayangkan semua hal yang akan digunakan untuk membuat perangkat tersebut.

Iklan tersebut mencoba menunjukkan kemampuan tablet terbaru Apple, seperti menonton acara televisi, mendengarkan musik, dan bermain video game, sekaligus menegaskan bahwa perangkat baru tersebut sangat tipis.

Hal ini dilakukan dengan menggunakan tema video yang telah ada selama hampir satu dekade tentang alat musik yang dihancurkan.

 

Iklan tersebut dikritik bahwa sebenarnya menunjukkan bagaimana teknologi menghambat kreativitas dibandingkan mendorongnya.

"Penghancuran pengalaman manusia, berkat Silicon Valley," kata aktor Hugh Grant. 

Kritik ini terutama ditujukan karena kekhawatiran di banyak industri kreatif mengenai kecerdasan buatan (AI) yang mengambil alih pekerjaan manusia.

Aktor dan pembuat film Justine Bateman, yang merupakan kritikus vokal terhadap penggunaan AI dalam industri film, mengatakan iklan Apple menghancurkan seni.

Penulis lagu terlaris multi-platinum Crispin Hunt menyebut tindakan penghancuran alat musik sama dengan membakar buku.