Arkeolog Percaya Monumen Cursus Neolitikum Sebuah Jalan Menuju Akhirat

Arkeolog Percaya Monumen Cursus Neolitikum Sebuah Jalan Menuju Akhirat

Teknologi | sindonews | Senin, 29 April 2024 - 10:21
share

Sebuah survei di lanskap Baltinglass, Irlandia, telah mengungkap kelompok pertama monumen cursus Neolitikum yang langka dan misterius di negara tersebut.

BACA JUGA - Berat Akui UFO, Pentagon Benarkan Peristiwa 'Piramida Terbang'

Monumen cursus adalah parit memanjang dan sempit yang digali ke dalam tanah, dan biasanya ditemukan di dekat monumen besar lainnya seperti Stonehenge.

Sebelum penemuan ini, hanya sekitar 20 cursus yang telah ditemukan di Irlandia, dan mereka selalu ditemukan sendirian atau berpasangan. Namun, survei terbaru ini telah menemukan lima cursus yang terletak bersama-sama, yang dapat memberikan wawasan baru kepada para ahli tentang tujuan penggunaan monumen tersebut.

Nama "cursus" berasal dari spekulasi awal bahwa depresi tersebut mungkin merupakan "jalur" yang ditinggalkan oleh kereta Romawi. Namun, saat semakin banyak cursus yang ditemukan selama berabad-abad, dan karena mereka biasanya terletak di dekat monumen besar lainnya, alasan pembangunannya menjadi semakin misterius.

Sebagian besar cursus digali antara 4000 dan 2400 SM. Mereka digali ke dalam tanah dengan sedikit fitur internal, dan beberapa tiang kayu ditambahkan segera atau beberapa waktu setelahnya.

Seperti dilansir dari IFL Science, Senin (29/4/2024), hal ini membuat para arkeolog kesulitan untuk memahami tujuannya.

Arkeolog James O'Driscoll dari Universitas Aberdeen di Inggris melakukan survei di kawasan Baltinglass menggunakan LIDAR, sebuah teknologi yang memantulkan gelombang laser dari lanskap untuk mengungkap bentuk dan pola yang tersembunyi di bawah vegetasi dan tanah.

Survei ini mengungkapkan lima bentuk yang tampaknya merupakan monumen cursus, yang pertama kali ditemukan di wilayah ini – meskipun wilayah ini sudah terkenal karena signifikansi arkeologisnya. Yang terpanjang dari cursus yang ditemukan memiliki panjang 427 meter (1.401 kaki).

Penemuan baru ini merupakan terobosan besar dalam pemahaman kita tentang cursus Neolitikum. Lima cursus yang ditemukan di Baltinglass menawarkan kesempatan unik untuk mempelajari lebih lanjut tentang monumen-monumen ini dan orang-orang yang membangunnya.

Para arkeolog berharap penelitian lebih lanjut akan membantu mereka untuk mengungkap rahasia cursus dan peran mereka dalam masyarakat Neolitikum.

Topik Menarik