Berkat Teknologi AI, Ilmuwan Berhasil Temukan Makam Plato

Berkat Teknologi AI, Ilmuwan Berhasil Temukan Makam Plato

Teknologi | sindonews | Kamis, 25 April 2024 - 10:05
share

Lokasi makam filsuf terkenal Plato akhirnya terungkap berkat bantuan teknologi AI ribuan tahun setelah kematiannya. Dia diyakini dimakamkan di Akademi, Athena.

Graziano Ranocchia, ahli papirus di Universitas Pisa, mengatakan petunjuk lokasi makam Plato didapat dari papirus Herculaneum yang ditemukan di dekat Napoli.

Dilansir dari Arkeonews, Kamis (25/04/2024) papirus ini ditemukan pada abad ke-18 di Villa Papirus, bangunan megah di sebuah perkebunan Romawi di Herculaneum, Italia. Terkubur dan dilindungi oleh abu vulkanik selama ribuan tahun, gulungan Herculaneum mewakili satu-satunya perpustakaan berskala besar dari dunia klasik yang bertahan secara keseluruhan. Papirus Herculaneum sendiri terdiri lebih dari 1.800 gulungan prasejarah.

Para ilmuwan lantas menggunakan teknologi AI untuk memecahkan teka-teki papirus dan menemukan kata-kata baru yang menunjukkan peningkatan teks sebesar 30 persen jika dibandingkan dengan hasil analisis sebelumnya pada tahun 1991. Penemuan ini terkandung dalam seribu kata-kata baru atau berbeda yang dibaca dalam papirus yang berisi Sejarah Akademi Philodemus dari Gadara.

Baca Juga: Sistem Politik Madani dan Plato: Seirama Etika Politik Islam

Ahli papyrologi Graziano Ranocchia, yang memaparkan hasil proyek penelitian GreekSchools yang dilakukan bersama Dewan Riset Nasional di Perpustakaan Nasional di Naples menyatakan temuan ini menunjukkan bahwa Plato dimakamkan di Akademi di Athena, di sebuah taman dekat Kuil Muses. Informasi ini berasal dari penafsiran baru papirus yang ditulis oleh Philodemus dari aliran Epicurean, yang merinci sejarah Akademi.

Akademi atau Akademi Plato adalah sekolah terkenal di Athena kuno yang didirikan di luar tembok kota di barat laut kota pada tahun 387 SM. Pahlawan legendaris Academos dikreditkan dengan memberikan nama situs tersebut.

Baca Juga: Ibnu Sina, Filsuf Besar yang Hafal Al-Qur'an pada Usia 10 tahun

Papirus Herculaneum yang diperiksa ulang oleh para peneliti menunjukkan bahwa Plato mungkin telah dijual sebagai budak pada tahun 399 SM setelah kematian Socrates atau pada tahun 404 SM selama penaklukan Sparta atas Aegina. Hal ini membantah teori sebelumnya yang memperkirakan kejadian tersebut terjadi pada tahun 387 SM, pada masa Plato tinggal di Syracuse.

Ada perbedaan dalam cara Cicero dan Hermippus menghubungkan kematian Plato. Cicero mengatakan dia meninggal saat menulis. Sementara Hermippus mengatakan dia meninggal di pesta pernikahan pada usia 81 tahun dan dikebumikan di Akademi.

MG/Maulana Kusumadewa Iskandar

Topik Menarik